Senin, 02 Mei 2016

Keajaban kimia

Keajaiban Atom

Ah…. Je Vois
Menakjubkan ……. Itulah yang mungkin kata yang akan kita ucapkan jika  memperhatikan  lebih jauh dan lebih dalam pada  benda-benda yang ada di sekitar kita. Ambilah sebutir gula pasir, yang memiliki  massa kira-kira 10 mg. Pada benda sekecil itu ternyata mengandung  785.600.000.000.000.000.000 atom = 7,856 x 1021 atom. Dalam setiap atom ada elektron yang jumlahnya tentu lebih banyak dari pada atom-atom penyusun gula  tersebut yang  bergerak tanpa henti.  Elektron itu bergerak pada orbitnya masing-masing seperti planet yang bergerak pada garis edarnya tanpa  bertabrakan atau bersentuhan antara yang satu dengan yang lain. Jika terjadi tabrakan tentu akan menyebabkan ketidak stabilan atom-atom penyusun gula, dan ketidak stabilan  atom-atom akan berlanjut pada perubahan sifat kimia maupun sifat fisika gula. Faktanya bahwa tidak terjadi perubahan sifat fisika maupun sifat kimia pada setiap butir gula yang kita jumpai, itu artinya ada keteraturan yang tetap pada atom-atom dan elektron penyusunnya.
Kita tahu bahwa partikel yang terkandung dalam gula yang sedang kita bahas itu adalah benda tak bernyawa dan tidak berakal, sehingga pasti tidak dapat mengatur dirinya sendiri. Lalu mengapa partikel-partikel dalam gula itu sangat teratur ? Pastilah ada yang mengatur dengan cara bagaimana elektron-elektron itu bergerak. pengatur yang maha hebat , yaitu Tuhan Yang Maha Kuasa.
Hukum alam yang Tuhan ciptakan pada gerakan elektron menunjukkan bahwa keteraturan akan menghasilkan kestabilan. Kestabilan dibutuhkan oleh seluruh ciptaanNya agar tetap eksis, termasuk keteraturan pada manusia dalam menjalankan kehidupannya.
Ah … je vois adalah ungkapan dalam bahasa Pransis yang artinya aha aku tahu. Pengungkapan fakta lebih jauh tentang atom dan elektron pada materi yang ada disekitar kita maka bertambah yakinlah kita akan kekuasaan Tuhan yang menciptakan segala sesuatu dengan teratur.
Daftar pustaka : https://kimmuz.wordpress.com/renungan/keajaiban-atom/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar