Minggu, 24 April 2016

Alasan dibalik Rasululloh menyarankan kita untuk minum ketika bangun tidur



Kita sebagai umat muslim selalu ingin mengikuti sunah Rasululloh, akan tetapi terkadang sebagian orang slalu mempertanyakan alasan dibalik segala pekerjaan yang dilakukan beliau. Dan tidak jarang mereka mempertanyakan manfaat atas apa yg dilakukannya.
Tanpa kita sadari ternyata segala perbuatan yang dicontohkan Rasululloh terhadap kita slalu ada manfaat dibalik smua itu, padahal kebanyakan orang yang membuktikan kemanfaatan tersebut adalah nonmuslim, dan mereka slalu menjadikan sunah Rasululloh sebagai kebiasaan mereka, karena mereka telah mengakui manfaatnya, dan tidak sedikit orang muslim yang tidak menjalankan sunnahnya, karena ketidaktahuan manfaat dibalik semua itu.
Minum air putih setelah bangun tidur itulah salah satu rutinitas Rasululloh, sebagian orang mengira atau berpendapat bahwa hal tersebut tidak enak bila dilakukan dan malahan merasa sedikit jijik, karena disarankan ketika meminum air putih salah satu ketika meneguknya ada yang dikumurkan. Apalagi bagi orang yang tidak biasa melakukan hal tersebut, akan merasa aneh bila dilakukannya.
Banyak manfa’at ketika kita minum air putih setelah bangun tidur, dan disini saya akan menyebutkan beberapa manfaat tersebut, diantaranya :
1.      Membuat kita nayaman
Saat bangun tidur keadaan perut kita sedang kosong, dengan meminum air putih maka kita laksana menyiram racun yang ada di dalam pencernaan, hati, usu dan ginjal untuk mendorongnya keluar, sehingga kita dibuat nyaman.
2.      Mengurangi asam lambung
Perut adalah sumber utama asam klorida dalam tubuh, dan mensekresi sepanjang malam. Setelah proses itulah terkadang merasa mulas yang lebih pada pagi hari. Dengan meminum air putih setelah bangun tidur akan mengurangi tingkatan keasaman di perut.
3.      Membantu BAB rutin
Meminum air putih setelah bangun tidur akan membantu merangsang gerakan usus, karena tubuh tergantung pada kontraksi ritmik yang terjadi pada di usus untuk bersama memindahkan makanan. Dengan meminum air putih setelah bangun tidur, hal tersebut akan membuat air mengirim sinyal ke usus untuk bekerja dan meningkatkan kemungkinan untuk buang air besar.
4.      Kesehatan jantung
Aterosklerosis adalah penyakit jantung yang disebabkan oleh penumpukan plak yang menghambat aliran darah ke jantung. Dengan meminum air putih akan mencegah kelebihan asam urat dan juga menurunkan natrium serta akan menurunkan tekanan darah yang mana akan dikeluarkan melalui urin dan keringat.
5.      Mengontrol berat badan
Dengan minum air putih setelah bangun tidur akan menjadikan nafsu makan turun, dengan kata lain kita akan mudah tergoda untuk minum atau memakan makanan yang mempunyai kadar gula, kalori atau yang sejenisnya.  
6.      Dll seperti peningkatan energy dan metabolism tubuh, kesehatan gigi (karena ketika minum air putih enzim positif akibat proses malam ketika tidur akan diserap kembali oleh gigi atau tubuh, karena air putih itu kita kumurkan dan telan. lain lagi bila langsung gosok gigi, maka enzimnya akan terbuang), dan untuk pencegahan penyakit pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar