Sabtu, 23 April 2016

Mengapa Nutrisi Susu Diunggulkan?



Penyebab Susu Dianggap Lebih Unggul dalam Memberikan Asupan Nutrisi Dibandingkan dengan Bahan Pangan Lainnya
 
S
usu merupakan campuran kompleks yang kaya akan lemak, protein, dan laktosa. Campuran ini juga dilengkapi dengan berbagai mineral seperti Ca dan P serta vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Ada banyak kelebihan yang terdapat dalam air susu dibandingkan dengan bahan pangan lainnya, diantaranyaair susu mengandung semua zat gizi yang diperlukan oleh tubuh manusia, zat gizi air susu terdapat dalam perbandingan sempurna, dapat diserap dan dicerna dengan baik, dan mutu protein dan lemak yang terkandung dalam susu lebih baik dibandingkan bahan makanan lainnya (Fahmi et al.2009)
Salah satu bagian dari protein yang terkandung di dalam susu adalah imunoglobulin. Imunoglobulin susu sangat dibutuhkan untuk membangun sistem kekebalan tubuh seseorang untuk melawan serangan virus, bakteri dan penyebab penyakit infeksi lainnya. Salah satu keunggulan dari susu cair segar adalah mengandung imunoglobulin yang lebih banyak dibandingkan olahan susu lainnya (Anonim 2009)
Ada beberapa ahli yang berpendapat bahwa mengonsumsi susu justru dapat menurunkan kadar kalsium dalam darah, karena pengolahan protein membutuhkan kalsium. Jika kadar kalsium dalam darah kurang, tubuh akan mengambil kalsium dari dalam tulang, sehingga tulang mengalami kekurangan kalsium. Connie Weaver PhD, seorang ahli makanan dan nutrisi dari Universitas Purdue, West Lafayette, Indiana- USA tidak sepakat dengan pernyataan tersebut. Menurutnya, setiap asupan 1 gram protein, tubuh membutuhkan 1,75 mg kalsium. Satu gelas susu cair segar mengandung sekitar 8 gram protein, sehingga dibutuhkan sekitar 14 mg Kalsium. Satu gelas susu cair segar terkandung 300 mg kalsium, sehingga masih terdapat banyak kalsium yang bisa disimpan. Rata-rata orang Amerika mengonsumsi 75 gram protein hewani, artinya diperlukan sekitar 131 mg kalsium. Kebutuhan tersebut dapat dicukupi hanya dengan mengonsumsi satu gelas susu cair segar. Terutama untuk bayi, zat gizi memiliki peran penting untuk pertumbuhan dan berkembangannya. Air susu dari ibunya lah yang merupakan gizi terbaik sebagai asupan nutrisinya (Pujianti 2008).
Susu cair segar mengandung 9 nutrisi, dan terutama kalsium dan vitamin B12 yang membantu pertumbuhan gigi. Selain itu. Susu cair segar juga lebih sedikit mengandung gula yang menjadi penghambat pertumbuhan gigi dan penyebab utama kerusakan pada gigi. Penelitian terhadap 65 anak usia 2-5 tahun yang mendapatkan perawatan gigi berlubang pada gigi susu mereka, diketahui 28 persen anak-anak itu mengalami kegemukan, bahkan obesitas. Selain itu diketahui pula 71 persen anak mendapatkan asupan kalori 1200 lebih tinggi daripada anak lain dengan berat badan normal. Agar fungsi asam lambung dapat bekerja dengan baik, maka dibutuhkan protein sebagai pengikatnya. Gangguan fungsi asam lambung akan mengakibatkan protein tidak dapat dicerna dengan sempurna. Akibatnya, vitamin B12 yang masuk melalui makanan juga tidak dapat diserap dengan sempurna oleh tubuh. Salah satu cara terbaik dan alami untuk meningkatkan kadar vitamin B12 dalam darah adalah dengan mengonsumsi makanan sumber vitamin B12 itu sendiri. Tidak perlu khawatir terhadap kelebihan vitamin jenis ini, karena jika berlebih vitamin jenis ini tidak akan mengendap, tubuh dengan mudah dapat membuangnya (Anonim 2009).
Hasil penelitian yang dipublikasikan di American Medical Journal, disimpulkan bahwa orang yang cukup vitamin B12 memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan yang diperkaya dengan vitamin B-12. Meskipun demikian, jurnal ilmiah tersebut juga menyebutkan bahwa sebaiknya tidak asal mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B-12. Jenis makanan yang mengandung presentasi B-12 relatif tinggi yang paling banyak dapat diperoleh melalui susu cair segar atau produk olahannya. Ini dikarenakan vitamin B12 dalam susu cair segar lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan dengan produk hewani lainnya.
Manfaat lainnya dengan mengonsumsi susu, diantaranya mencegah osteoforosis dan menjaga tulang tetap kuat. Bagi anak-anak, susu berfungsi untuk pertumbuhan tulang yang membuat anak menjadi bertambah tinggi. Selain itu dapat menurunkan tekanan darah, menetralisasi racun seperti logam atau timah yang  mungkin terkandung dalam makanan., mencegah terjadinya kanker kolon atau kanker usus, mencegah diabetes, mempercantik kulit dan membuatnya lebih bersinar, serta membantu agar lebih cepat tidur. Hal ini karena kandungan susu akan merangsang hormon melatonin yang akan membuat rasa kantuk. Semua paparan di atas jelas bahwa susu lebih diunggulkan dibandingkan bahan pangan lainnya dilihat dari segi asupan nutrisi yang terkandungnya dan manfaatnya untuk tubuh.

SUMBER
http://adesuherman09.student.ipb.ac.id/tag/kimia-pangan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar