Senin, 11 April 2016

KEAJAIBAN DAN KEUNIKAN H2O (AIR)
Air bagi sebagian orang mungkin adalah hal yang sangat biasa. Padahal Air mempunyai banyak keunikan dan keajaiban. Jadi, Air adalah zat kimia yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di bumi. Dan Air menutupi hampir 71% permukaan bumi. Kebayang gak tuh berapa banyaknya?
Sedikit cerita tentang Air nih. Air adalah subtansi kimia dengan rumus kimia H2O. Air merupakan molekul polar dan ikatan dalam molekulnya merupakan ikatan kovalen. Selain interaksi berupa ikatan kovalen terdapat interaksi antar molekul air yang disebut ikatan hidrogen. Ikatan-ikatan hidrogen yang disebabkan oleh ikatan kovalen polar dari molekul moleukl air inilah yang memberikan sifat unik. Air berupa cairan pada suhu rata-rata di bumi. Titik didih cairan biasanya berhubungan dengan berat molekul.
Air juga merupakan Mukjizat loh. Menurut Prof Effendi salah satu dosen di sebuah Universitas Ternama di Indonesia, Kata beliau seorang kimiawan biasanya doa saat minum air bisa lebih kusuk dari pada ulama”. Lah kok bisa?? Itu karena orang Kimia yang mengerti bahwa air diciptakan oleh yang Maha Kuasa memiliki ikatan hidrogen. Bayangkan jika tidak ada ikatan hidrogen, air akan berwujud gas (uap air) pada suhu kamar. Ngga kebayang kan gimana rasanya kalo air berwujud gas pada suhu kamar normal.
Es, wujud air yang padat, mengambang ketika dimasukkan kedalam air. Umumnya banyak orang berperpendapat bahwa suatu zat padat mempunyai kerapatan yang lebih tinggi daripada zat cairnya, karena partikel-partikel di dalam zat padat lebih rapat. Namun air berbeda, ketika membeku air terkunci ke dalam suatu kisi-kisi kristal yang mempunyai lubang-lubang besar yang tergabung oleh ikatan-ikatan hidrogen.

Air mempunyai Struktur yang sangat indah lho. Struktur indah itu bisa dijelaskan dengan gambar struktur kimianya, keren bukan? Ada sedikit gambar Struktur Air nih ………..


Waaaah keren banget kan? Itu beberapa air lho kawan, masih banyak lagi yang lainnya. Struktur air yang sangat indah itu bisa digambarkan dengan struktur kimia lho. Contohnya seperti gambar di bawah ini.


Digambar tersebut garis merah putus-putus adalah ikatan hidrogen, jika dilihat antar molekul banyak rongganya kan. Itu yang membentuk Struktur Air yang begitu Indah pada gamabar diatas kawan.
Selain itu Air adalah pelarut yang sempurna bagi sebagian besar zat. Air kadang-kadang disebut pelarut universal, karena dapat melarutkan banyak hal, seperti garam, gula, asam, alkohol dan juga banyak macam molekul organik. Secara Kimia Air merupakan molekul polar. Air melarutkan zat-zat ion dengan mudah, ujung-ujung negatif air mengelilingi kation-kation (ion-ion bermuatan negatif), sedangkan ujung-ujung positif molekul air mengelilingi anion. Dengan proses yang sama air dapat melarutkan banyak senyawa kovalen polar.
Bayangkan jika air tidak dapat melarutkan zat seperti garam, asam, alkohol dll. Pasti tidak akan ada makanan yang enak, manis, asin. Ataupun kita tidak dapat merasakan Teh, Kopi, Cappucino, Moccacino, Susu. Waaaah berarti Air penting, bukan? Air molekul yang ajaib, bukan? Jadi teruslah bersyukur karena Allah memberikan sifat Air atau H2O yang sangat menakjubkan. Terus belajar Kimia dan ketahui Sifat Sifat Molekul yang ada di dunia yang sangat menakjubkan lainnya.

SUMBER :
http://tikatik19.blogspot.co.id/2013/11/keajaiban-dan-keunikan-h2o-air.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar