Sabtu, 16 April 2016

Mengapa Air bisa memadamkan api?





Mengapa Air bisa memadamkan api?
karena....
Air akan menghalangi kontak udara dengan dengan benda yang terbakar dan menyerap energi yang dihasilkan benda terbakar tersebut. Seperti yang kita tahu, air yang berupa cairan tentu saja lebih rapat dibandingkan udara sehingga peluang air kontak dengan benda terbakar jauh lebih besar dibandingkan peluang udara kontak benda tersebut. Akibatnya panas yang dihasilkan diserap oleh air. Ini sebabnya kalau kita menyiram api dengan air karena terbentuk uap air. Selain itu itu, air juga akan menghalangi kontak oksigen yang sangat penting untuk pembakaran. Akibatnya, molekul udara tidak jadi naik tingkat energinya lalu menjadi dingin dan padam.
 Tapi ingat, jangan menyiram kebakaran yang disebabkan minyak dengan air. Itu justru membuat api makin besar karena minyak lebih ringan dari air sehingga akan terangkat ke atas dan kontak dengan oksigen lebih banyak. Bukan malah padam makin besar. bisa saja padam jika minyak yg kebakar 1 liter kita siram air satu tandon 1000 L.

Sumber referensi:
khumaini, k. (2015, januari 12). catatan khabib khumaini. Dipetik april sabtu, 2016, dari Apakah api itu sebenarnya dan mengapa air memadamkannya?: http://khabibkhumaini.com/2015/01/12/apakah-api-itu-sebenarnya-dan-mengapa-air-memadamkannya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar