Seperti
yang telah diketahui, perkembangan teknologi dalam kehidupan manusia sangat
pesat. upaya tersebut merupakan cara atau jalan di dalam mewujudkan
kesejahteraan dan peningkatan harkat martabat manusia atas dasar kreatifitas
akalnya, manusia mengembangkan ilmu teknologi dalam rangka untuk mengolah
sumber daya alam yang ada di bumi. Perkembangan ilmu teknologi selain
bermanfaat untuk kemajuan hidup di Indonesia juga memberikan dampak
negatif. Hal yang perlu diperhatikan dalam penerapan teknologi
antara lain :
- Menjaga keserasian dan keseimbangan dengan lingkungan setempat.
- Teknologi yang akan diterapkan
hendaknya betul-betul dapat mencegah timbulnya
permasalahan di daerah setempat. - Memanfaatkan sebaik mungkin
segala sumber daya alam dan sumber daya
manusia yang ada.
Kemajuan
teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi
diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan
banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia.
Teknologi informasi memainkan peranan yang sangat signifikan baik di dalam
urusan pribadi maupun urusan pekerjaan. Keadaan ini mendorong semua pihak untuk
hidup bersama teknologi dalam segala aspek yang menuntut pola pengelolaan yang
lebih baik untuk mendapatkan manfaat positifnya.
Integrasi
teknologi informasi dan komunikasi adalah sebuah proses yang komprehensif dalam
mengaplikasikan teknologi ke dalam muatan kurikulum untuk meningkatkan proses
pengajaran dan pembelajaran. Kesuksesan penggunaan TIK tidak hanya bergantung
pada ketersediaan teknologi, akan tetapi juga tergantung pada cara bagaimana
merancang sebuah pembelajaran berbasis TIK memenuhi unsur-unsur pedagogi.
Faktor pendukung efektifitas penerapan TIK antara lain : faktor kepimimpinan,
pengembangan secara profesional, waktu, dan dan cara evaluasi.
Ilmu
kimia berperan penting bagi kehidupan manusia khususnya pada perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi. Perkembangan ilmu kimia harus didasari dengan rasa
tanggung jawab dan harus memperhatikan kodrat dan martabat manusia, menjaga
keseimbangan ekosistem serta bertanggung jawab pada kepentingan umum khususnya
untuk kelangsungan hidup manusia, agar ilmu kimia dipergurnakan dengan
sebaik-baiknya sehingga membantu kehidupan manusia untuk kedepannya.
Penerapan
teknologi di bidang kimia dapat dilihat pada sisi software (perangkat lunak).
software telah menjelma menjadi sebuah model pembelajaran yang sangat efisien.
Model-model simulasi laboratorium bisa disimulasikan dengan software. Misalnya
proses campuran beberapa bahan kimia bisa dimodelkan dengan hanya menggunakan
software. Kalo hanya untuk melihat proses perubahan kimia akibat campuran
beberapa bahan tidak perlu menggunakan bahan sebenarnya yang mungkin menjadi
lebih mahal. Dengan model simulasi software pembelajaran ini menjadi sangat
efisien.
Mengajarkan
kimia adalah sebuah pola pengajaran yang terdiri dari adanya input dan proses.
Input berasal dari adanya kondisi permulaan yang berpengaruh pada proses
pengajaran. Input dapat dibedakan atas dua kategori yakni aspek pedagogi dan
fitur teknologi. Sebagaimana disebutkan di atas, bahwa salah satu hal yang
tidak boleh dilupakan dalam menggunakan teknologi adalah harus memenuhi
unsur-unsur pedagogi. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh para peneliti,
pengajaran kimia melalui komputer memerlukan beberapa pengembangan lebih lanjut
dalam aspek fitur teknologi dan aspek pedagogi. Ketidak-adaan salah satu aspek
akan memberikan pengaruh pada pencapaian tidak sempurna pengajaran kimia.
Salah
satu cabang ilmu sains kimia yang memanfaatkan teknologi informasi saat ini
adalah ilmu kimia komputasi. Seorang peneliti kimia komputasi tidak akan
bekerja dengan zat-zat kimia di laboratorium yang beberapa di antaranya
berbahaya bagi tubuh apabila terpapar dalam waktu yang lama dan dengan
konsentrasi paparan yang tinggi. Seorang peneliti kimia komputasi akan
berurusan dengan gambar-gambar struktur menggunakan komputer dan beberapa
aplikasi penunjang penelitian kimia komputasi.
penerapan
TIK dalam ilmu kimia meliputi beberapa hal yaitu penggunaan simulasi (animasi
multimedia) dan laboratorium virtual, pelaksanaan perkuliahan menggunakan cara
online (jarak jauh), penggunaan software pemodelan kimia, penggunaan sumber dan
media lainnya seperti kamera digital, peralatan kimia sensor, e-mikroskop, dan
sebagainya. Sementara peneliti lain menyebutkan bahwa penggunaan TIK dalam pembelajaran
kimia meliputi : penggunaan buku teks berbasis multimedia, penggunaan animasi
yang menarik, dan aspek pengelolaan pelayanan TIK.
Metode
pengajaran dengan menggunakan seni tari serta animasi komputer dapat
mempermudah siswa untuk memehami pembelajaran ilmu kimia. Hal ini telah
dibuktikan pada seluruh tingkat pembelajaran di beberapa lembaga pendidikan di
Amerika Serikat. Evaluasi yang dihasilkan menunjukkan bahwa diperoleh
peningkatan prestasi 20 % lebih tinggi dari sebelumnya. Hal yang paling membantu
dalam penggunaan teknologi informasi adalah penyajian proses kimia yang cukup
berbahaya melalui laboratorium virtual. Sebelum siswa melakukan kegiatan
praktikum kimia secara langsung, perlu pengenalan secara virtual. Peranan TIK
dalam menyediakan fasilititas belajar virtual adalah sebagai sarana untuk
memperkaya pemahaman siswa.
Sumber: Hidayah, N. (2014, 11 06). Manfaat Teknologi
Informasi di Bidang Kimia. Retrieved from Ilmu Kimia:
https://nurulhidayah488.wordpress.com/2014/11/06/manfaat-teknologi-informasi-di-bidang-ilmu-kimia/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar