Jumat, 26 Februari 2016

Bahaya Sampah Plastik



Hal sedang marak diperbincangkan sekarang adalah masalah dilarangnya swalayan memberikan kantong plastik secara gratis kepada konsumennya. Hal ini menimbulkan banyak pertentangan ada sebagian orang yang pro dengan pemberlakuan hal ini, namun tidak sedikit pula yang kontra terhadapnya. Bagaimana dengan anda?
            Kantong plastik HD atau Plastik kresek adalah hal yang lumrah digunakan karena teksturnya yang praktis, flexibel dan tidak mudah rusak seperti kertas menjadikan penggunaan plastik kresek banyak diminati oleh banyak orang. Setiap tahunnya masyarakat indonesia dilaporkan memakai 100 milyar kantong plastik. Berdasarkan perhitungan tersebut, setiap orang di Indoesia menggunakan sekitar 700 tas palstik pertahun atau kira- kira 2 kantong plastik perharinya. dua kantong plastik perhari mungkin terlihat remeh namun jika dikalikan dalam waktu satu, dua, tiga tahun atau selama hidup kita, maka berapa banyak kantong yang telah kita pakai.
            Plastik pada umumnya membutuhkan dapat terurai sekitar 500- 100 tahun meskipun kita tidak pernah tahu waktu yang sebenarnya. Selama pembuatannya banyak bahan kimia yang dipancarka yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia serta binatang. Etilen oksida, xylene, dan benzene adalah beberapa racun kimia yang terdapat didalam plastik yang dapat menimbulkan efek buruk pada lingungan.
Pencemaran Akibat Limbah Plastik
1.      Plastik memang relatif lebih murah. Namun ketika dibuang dilokasi TPA, plastik tidak dapat terurai secara cepat, dan oleh karena itu akan mencemari tanah di daerah tersebut.
2.      Kebanyakan orang cenderung membuang kantong plastik. Hal ini secara drastis mrmbuat tingkat pencemaran lingkungan semakin meningkat, baik it didarat maupun dilautan terutama dinegara- negara berkembang atau terbelakang.
3.      Dengan membuang kantong plastik sembarangan dapat menyumbat sungai dan danau, terutama didaerah perkotaan.
4.      Setiap tahun, sekitar 100 juta ton plastik diproduksi diseluruh belahan dunia. Dari jumlah tersebut, 25 juta ton plastik non degradable semakin bertambah.
5.      Sekitar 70000 ton plastik dibuang dilautan.
Berikut Adalah Dampak Sampah Plastik Terhadap Lingkungan:
1.      Racun dari partikel plastik ketika masuk kedalam tanah akan membunuh hewan- hewan pengurai seperti cacing.
2.      PCB (Polyclorinated Biphenyl) tidak dapat terurai meskipun termakan oleh binatang dan akan menjadi pembunuh berantai sesuai urutan rantai makanan.
3.      Kantong plastik dapat mengganggu jalur air yang terserap kedalam tanah.
4.      Kantong plastik dapat mengganggu kesuburn tanah karena dapat menghalangi sirkulasi udara didalam tanah.
5.      Hewan- hewan laut seperti lumba- lumba, penyu laut, dan anjing laut menganggap plastik tersebut makanan dan akhirnya mati karena tidak bisa mencernanya.
6.      Ketika hewan mati, kantong plastik yang ada didalam tubuhnya tidak dapat hancur dan akan meracuni hewan lain.
7.      Pembuangan sampah plastik sembarangan disungai akan mengakibatkan pendangkalan sungai dan penyumbatan aliran sungai yang menyebabkan banjir.
Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar