Minggu, 28 Februari 2016

Kenali Buah APEL dan Beberapa MANFAATnya....

           
Hasil gambar untuk zat kimia apel
 Buah yang memiliki nama latin  “Malus Domestica” ini merupakan buah yang populer diantara buah lainnya, buah yang juga memiliki warna merah dan hijau  jika sudah  masak ini mempunyai cita rasa yang berbeda-beda manis maupun  masam, aroma, maupun tekstur, sebenarnya dihasilkan dari kurang lebih 230 komponen kimia. Termasuk pula beragam asam seperti asam asetat, format serta 20 jenis asam lain. Selain itu ada kandungan alkohol berkisar 30 - 40 jenis, ester seperti etil asetat sekira 100 jenis, karbonil seperti formaldehid dan asetaldehid, serta banyak lagi. Buah apel juga pertama kali ditanam di Asia Tenggara yang kemudian menyebar keseluruh dunia khususnya didaerah yang memiliki suhu dingin. Selain warna dan rasanya yang menggoda buah apel ini juga memiliki khasiat yang bermanfaat bagi tubuk baik untuk kesehatan maupun kecantikan.
Kalium
            Kandungan zat gizi yang menonjol pada apel adalah kalium, khususnya pada apel merah karena Setiap 100 gram bagian apel merah yang dapat dimakan terdapat kandungan sekira 203 mg kalium., serta pektin dan selulosa. Kalium sendiri merupakan mineral yang berfungsi untuk meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat gizi ke sel-sel, mengendalikan keseimbangan cairan dalam jaringan dan sel tubuh, serta membantu tekanan darah.
Hasil gambar untuk zat kimia apelPenelitian yang dilakukan oleh pakar dari Universitas California di San Diego, Amerika Serikat, menunjukkan, kalau satu porsi buah yang banyak mengandung kalium dalam sehari, mampu menurunkan resiko terkena stroke (serangan otak) hingga 40%.
Apel, berkulit (boleh dimakan)
Nilai nutrisi per 100 g (3.5 oz)
218 kJ (52 kcal)
13.81 g
- Gula
10.39 g
2.4 g
0.17 g
0.26 g
85.56 g
Vitamin A equiv.
3 μg (0%)
0.017 mg (1%)
0.026 mg (2%)
0.091 mg (1%)
0.061 mg (1%)
0.041 mg (3%)
Folat (Vit. B9)
3 μg (1%)
4.6 mg (8%)
6 mg (1%)
0.12 mg (1%)
5 mg (1%)
11 mg (2%)
107 mg (2%)
0.04 mg (0%)
Persentase merujuk kepada rekomendasi Amerika Serikat untuk dewasa.
Sumber: Data Nutrisi USDA

Manfaat buah apel untuk kecantikan

Hasil gambar untuk zat kimia apel
  1. Buah apel dapat digunakan untuk mengharumkan nafas. Kita dianjurkan untuk mengkonsumsi buah apel setiap hari karena buah ini mengandung ektin yang berkasiat untuk menetralkan bau makanan. Selain itu serat alami yang terdapat pada apel juga berfungsi sebagai benang untuk gigi.
  2. Dengan ditambahkan madu buah apel dapat digunakan sebagai masker  dengan cara menghaluskan buah apel dan kemudian campur dengan madu.  Masker dari apel bermanfaat untuk memelihara kelembapan kulit dan menghilangkan kulit kusam.
  3. Apel juga mampu mengurangi keriput pada wajah selain itu apel juga mampu kerutan pada wajah. Apel juga merupakan.
  4. Dalam dunia kecantikan buah apel mencegah kulit berminyak dan jerawat. Cara menggunakannya dengan mencampur parutan dari buah apel dengan madu untuk wajah anda lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit lalu bilas dengan air dingin.
  5. Buah apel untuk mengurangi kantung mata. Cara penggunaan dengan mencampurkan 2 sendok makan sari apel dengan parutan kentang. Cara pemakaian sambil berbaring oleskan pada bagian kantung mata tutup dengan kain hangat lalu diamkan selama 20 menit selanjutnya bilas dengan air hangat sampai bersih.

Manfaat buah apel untuk kesehatan

    Hasil gambar untuk zat kimia apel
  1. Buah apel untuk mencegah asma. Studi terkini menunjukkan bahwa seorang anak yang mengkonsumsi jus apel setiap hari secara rutin memiliki resiko sangat rendah terkena ganguan pernafasan jika dibandingkan anak yang mengkonsumsi jus apel sebulan sekali. Selain itu penelitian lain juga menunjukkan anak yang dilahirkan oleh seorang ibu yang suka mengkonsumsi apel setiap hari memiliki resiko yang rendah terkena asma, jika dibandingkan ibu hamil yang tidak suka mengkonsumsi apel.
  2. Mencegah Al-zheimer. Dalam studi di universitas cornell ditemukan bahwa buah apel memiliki kandungan quercetin kandungan quercetin pada apel akan melindungi otak dari radikal bebas yang membahayakan yang dapat memicu penyakit Al-zheimer
  3. Buah apel juga dapat digunakan sebagai diet sehat untuk menurunkan berat badan. Sesorang yang mengkonsumsi buah apel atau pir 3 hari selama diet terbukti lebih cepat dalam menurunkan berat badan sehingga buah apel sangat dianjurkan dalam diet menurunkan berat badan.
  4. Mencegah kanker payudara. Seseorang yang dengan rutin mengkonsumsi buah apel memiliki resiko terkena kanker payudara lebih rendah.
  5. Buah apel untuk mencegah kanker usus. Berdasarkan penelitian buah apel memiliki kandungan pectin yang dapat menekan resiko dari knker pencernaan sehingga buah apel menjaga kesehatan saluran pernapasan.
  6. Buah apel juga mampu melindungi tulang. Kandungan phloridzin yang terkandung dalam buah apel melindungi wanita paska manepouse dari masalah osteoporosis (pengroposan tulang) karena buah apel mengandung banyak mineral sebagai contoh magnesium potasium, kalsium, zinc dan zatbesi.
  7. Buah apel juga dapat mencegah kanker paru-paru. Hal ini berdasarkan studi yang dilakukaan pada 10.000 orang. Mereka yang mengkonsumsi apel secara rutin memiliki resiko lebih rendah terserang kanker paru-paru. Hal ini karena kandungan flavonoid, quercetin serta anti aging yang mencegah paru-paru.
  8. Kanker juga dapat mencegah kanker hati. Kandungan pectin apel dipercaya mampu menekan resiko kanker saluran pencernaan.
  9. Buah apel juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Mereka yang mengkonsumsi apel 2 kali sehari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.
  10. Kandungan pectin yang ada dalam buah apel mensuplai galacturonic acid yang dapat menurunkan kebutuhan tubuh dalam melepaskan hormon insulin karena insulin dapat memicu diabetes sehingga apel bermanfaat untuk mengontrol seseorang terserang atau memiliki bakat-faktor genetik terserang diabetes.
  11. Buah apel juga mampu membersihkan dan menyegarkan mulut karena kandungan tanin. Tanin merupakan zat yang mampu membersihkan dan menyegarkan mulut serta mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Sumber Referensi

Penulis, T. (2015, Oktober 12). Apel. Retrieved februari 26, 2015, from WIKIPEDIA ensiklopedia bebas: https://id.wikipedia.org/wiki/Apel
penulis, t. (n.d.). Healthy Articles . Retrieved februari 26, 2015, from SmallCrab.com: http://www.smallcrab.com/kesehatan/296-khasiat-buah-apel
suparyo. (2014, maret 3). 16 manfaat apel untuk kesehatan dan kecantikan. Retrieved februari 26, 2015, from DAUNBUAH.COM: http://daunbuah.com/16-manfaat-buah-apel-untuk-kesehatan-dan-kecantikan/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar