Jumat, 12 Februari 2016

asam dan basa arrhenius

 ASAM DAN BASA ARRHENIUS

Pada tahun 1884, Svanta Arrhenius ( 1859 – 1897 ) seorang ilmuan swedia yang memenangkan hadiah nobel atas karyanya dibidang ionisasi, memperkenalkan pemikiran tentang senyawa yang terpisah atau  terurai menjadi bagian – bagian ion dalam larutan. Arrhenius menjelaskan bagaimana kekuatan asam dalam larutan. Arrhenius menjelaskan kekuatan asam dalam air tergantung pada konsentrasi ion – ion hidrogen di dalamnya.
 Asam menurut Arrhenius adalah suatu zat yang jika dilarutkan kedalam air akan menghasilkan ion Hidronium ( H + ). Asam umumnya merupakan senyawa kovalen dan akan menjadi bersifat asam jika sudah larut dalam air.
Reaksi ionisasi zat asam dalam air adalah sebagai berikut : 

 HX Z => X H+ + Z-
 
Menurut teori asam basa Arrhenius, asam kuat merupakan asam yang derajat ionisasinya besar atau mudah terurai dan banyak menghasilkan ion dalam larutanya. Asam kuat diantaranya, HCl, HBr, HI,
            Berikut adalah tabel yang menyajikan berbagai jenis asam dan reaksinya :

Basa menurut Arrhenius adalah zat yang apabila dilarutkan dalam air dapat menghasilkan ion . Akibat kelebihan ion maka air yang sudah ditambahkan zat basa disebut sebagai larutan basa. Umumnya basa terbentuk dari senyawa ion yang mengandung gugus hidroksida ( - OH ) di dalamnya. Amonia  merupakan suatu senyawa kovalen, tetapi didalam air termasuk senyawa basa,karena jika dilarutkan dalam air menghasilkan ion .
Reaksi ionisasi zat basa dalam air adalah sebagai berikut : 

M (OH)X => M + + XOH-
 

           Menurut teori asam basa Arrhenius, terdapat basa kuat dan basa lemah. Basa kuat merupakan basa yang mudah terionisasi dalam larutanya dan banyak menghasilkan ion . contohnya: KOH. NaOH,   
Berikut adalah tabel yang menyajikan berbagai jenis basa dan reaksi ioisasinya,
SUMBER
Keenen,charles dkk.1996.kimia untuk universitas.edisi ke 6. Diterjemahkan
Oleh : Alaysius Hadyana Pudjaatmaka, ph. D. Jakarta : Erlangga.
kimiadasar.com
omnipaque.blogspot.com












Tidak ada komentar:

Posting Komentar