Minggu, 28 Februari 2016

Kandungan kimia pada tomat,,,




 Tanpa kita sadari bahwa banyak sekali manfaat yang terdapat dalam buah tomat, bahkan dalam kimia pun ada kandungannya. Tomat mengandung hidrogen peroksida, peroksidase.
Komposisi kimiawi tomat dalam 100 gram buah.
Komponen
Kadar
Hidrogen Peroksida
4000 nmol
Peroksidase
3.105 U
Energi
20,00 kal
Protein
1,00 gr
Lemak
0,30 gr
Karbohidrat
4,20 gr
Kalsium
5,00 mg
Fosfor
27,00 mg
Zat Besi
0,50 mg
Vitamin A
1.500,00 SI
Vitamin B1
0,06 mg
Vitamin C
40,00 mg
Air
94,00 gr

Kegunaan Tomat
Kegunaan Tomat antara lain :
(1) Membantu penyembuhan penyakit rabun senja;
(2) Mengobati penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C;
(3) Membantu mengobati penyakit gigi dan gusi;
(4) Mempercepat penyembuhan luka;
(5) Mengobati jerawat;
(6) Membantu penanganan kanker prostat;
Tomat Sebagai Pemutih Gigi
Kandungan kimia tomat yang bermanfaat untuk memutihkan gigi adalah hidrogen peroksida dan peroksidase. Tomat mengandung hidrogen peroksida. Para peneliti membuktikan bahwa senyawa ini mempunyai efek memutihkan gigi. Hidrogen peroksida berdifusi melalui email untuk menuju ke tubuli dentin dan berfungsi sebagai oksidator kuat yang dapat menghasilkan radikal bebas yang sangat reaktif. Senyawa tersebut mampu merusak molekul-molekul zat warna sehingga warna menjadi netral dan menyebabkan efek pemutihan. Penelitian Sulieman menunjukkan bahwa gel hidrogen peroksida 35% dapat mereduksi warna pada gigi yang sebelumnya diwarnai secara internal dengan chromophor berupa teh hitam. Perawatan dentin dengan hidrogen peroksida 5,3% dan 6% menunjukkan reduksi warna kuning dan meningkatkan putih secara signifikan.
Tomat mengandung enzim peroksidase. Enzim ini terdapat pada pericarp buah tomat. Peroksidase adalah hemeprotein yang mengkatalisa pertukaran hidrogen dan elektron dari donor ke aseptor. Hidrogen peroksida bertindak sebagai pendonor. Enzim ini mengkatalisis reaksi dehidrogenasi senyawa organis aromatis. Penelitian Aaslyng membuktikan bahwa efek pemutihan dari peroksidase didapatkan dari oksidasi secara langsung ataupun lewat mediator. Peroksidase dapat meningkatkan kecepatan hidrogen peroksida dalam mereduksi warna.
Dengan demikian, kebutuhan penggunaan hidrogen peroksida dapat dikurangi, sehingga dapat mencegah efek samping penggunaan.
            Setelah kita mengetahuinya bahwa banyak sekali manfaat yang terkandung di dalam buah tomat ini, diharapkan agar bisa lebih memanfaatkannya lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar