Minggu, 21 Februari 2016

Cerdas dalam Penggunaan Obat Nyamuk

Hasil gambar untuk obat nyamuk wikipedia
               
Membakar obat nyamuk memang merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk mengusir nyamuk diruangan. Nyamuk biasanya menggigit dan menghisap darah, dan efeknya membuat badan kita gatal-gatal bahkan yang lebih parahnya adalah terkena DBD. Penggunaan obat nyamuk dikalangan masyarakat indonesia sendiri biasanya dicari oleh mereka-mereka yang berada dikelas ekonomi menengah kebawah karena harganya yang terjangkau. Walaupun begitu tidak menutup kemungkinan kalau dibeberapa negara Asia, Afrika dan Amerika Serikat bahkan mereka pun menjadikan kebiasaan penggunaan obat nyamuk bakar dalam sebuah keluarga. Bagi kita yang sering menggunakan obat nyamuk, sudahkah kita merasa aman dalam penggunaan obat nyamuk bakar? Karena sebenarnya asap yang dihasilkan dari obat nyamuk berisikan polutan yang dapat menjadi masalah yang serius.
            Asap obat nyamuk sendiri sebenarnya sangat membahayakan kesehatan kita, apalagi jika ruangan yang kita tempati sudah dipenuhi dengan asap. Penelitian menemukan perbandingan kerusakan paru-paru yang diakibatkan dari satu obat nyamuk sama halnya dengan kerusakan yang diakibatkan dari 100 batang rokok.Adanya beberapa zat yang aktif dari obat nyamuk yang salah satunya adalah kandungan DDVP (dichlorovynil dimetyl phosfat, zat yang berbahaya jika terus-terusan terpapar dalam jangka waktu panjang akan mengakibatkan kerusakan syaraf, pernapasan anda terganggu dan memicu kanker. Selain itu kandungan zat kimia yang terdapat di dalam obat nyamuk mampu membuat aktivitas enzim turun sehingga adanya pengaruh yang buruk terhadap hati dan reproduksi anda. Ketika penggunaan obat nyamuk sudah menjadi kebutuhan anda dan keluraga.
Obat nyamuk kimia dan dampaknya:
Hasil gambar untuk zat kimia pada obat nyamuk
  1. Sipermetrin
Struktur kimia sipermetrin mengandung α-siano-3-fenoksibensil termasuk golongan piretroid. Piredtroid adalah racun axonix, yaitu beracun terhadapa serabut syaraf. Piretroid terikat pada protein pada syaraf yang dikenal sebagai voltage-gate sodiun chanel. Pada keadaan normal, protein membuka untuk memberikan rangsangan pada syaraf dan menghentikan sinyal syaraf. Piretroid terikat pada gerbang ini, dan mencegah menutup secara normal yang menghasilkan rangsangan syaraf secara berkelanjutan. Hal tersebut menyebabkan tremor dan gerakan in-koordinasi pada serangga keracunan. 
  1. Malation
Formula molekul maltion adalah C10H19O10PS2, dengan masa molekul sebesar 330,358021. Malation berupa liquid, tidak berwarna dengan titik didih 156-157 oC pada 7 mmHg. Produk tehnis berwarna coklat dan berbau sepeti bawang putih. Maltion sangat halus dan kelarutan dalam air sangat rendah (145 pp). Malation terhidrolisis pada pH 5 atau 8 dan terurai pada suhu yang tinggi. Malation bekerja sebagai racun kontak dan menimbulkan kelayuan (paralyse) syaraf-syaraf serangga yang terbang. Racun dapat masuk melalui tarsus nyamuk dan mempengaruhi dengan menghambat enzim asetilkolinase. Enzim asetilkolinase menghidrolisis asetilkolin sehingga menyebaban eksitasi (peningkatan nilai ambang rangsangan) dan konvulsi/ kontraksi otot yang berlebih dan menyebabkan nyamuk pingsan. Bila hal ini berulang-ulang akan meyebabkan kematian. Enzim asetilkolinesterase dibentuk untuk menghambat suatu impuls saraf, sehingga terjadi rangsangan saraf berkelanjutan (tremor dan gerakan in-koordinasi).
  1.  Transflutrin
Transflurin adalah salah satu contoh bahan aktif anti nyamuk berbentuk padatan lingkar berwarna hijau. Anti nyamuk bakar ini diambil khasiatnya melalui asapnya yang menyebar ke seluruh ruangan. Transfluthrin relatif aman hingga saat ini. Transfultrin bila dipakai selama empat jam bisa menurunkan kadar eritrosit atau sel darah merah, yang berakibat orang tersebut akan menderita anemia.
  1. Bioallethrin S-Bioallethrin
adalah suatu pyrethroidinsectisida (obat pembasmi serangga) dengan suatu spektrum aktivitas luas, bereaksi dengan kontak langsung dan mempunyai karakteristik efek “a strong knock down” (efek langsung jatuh pada serangga), bahan ini aktif pada serangga yang terbang dan merayap khususnya pada nyamuk, lalat, tawon, lipas, kutu, kutu busuk, semut, dan lain lain.
  1. D-allethrin D-Allethrin
adalah suatu Pyrethroid campuran, merupakan suatu insektisida kontak kuat yangmenghasilkan “a strong knock-down” cepat, melawan hama-hama rumah tangga (lalat,nyamuk, kutu, kecoak).
  1. Deltametrin
Terdapat pada kapur bagus. Deltametrin merupakan salah satu piretroidester. Piretroid ini memiliki mekanisme menghasilkan racun atau toksin dan menyebabkan kelumpuhan organisme. Zat tersebut menyebabkan kelumpuhan dengan cara menjaga saluran natrium tetap terbuka dimembran saraf dari suatu organisme. Sehingga dengan terbukanya saluran natrium tersebut saraf tidak dapat terangsang kembali sehingga menyebabkan kelumpuhan.
  1. Propoxur Propoxur
senyawa karbamat (senyawa kerabat dari MIC, pernah menewaskan ribuan orang dan menyebabkan kerusakan syaraf ratusan ribu orang lainnya dalam kasus Bhopal di India) yang telah dilarang penggunaannya di luar negri karena diduga kuat sebagai zat karsinogenik. Mekanisme aksi Propoxur berupa penghambatan enzim acetyl cholinesterase. Enzim ini normalnya bertanggung jawab untuk destruksi dari asetilkolin (neurotransmitter). Karbamat ini akan menghasilkan kontraksi otot spontan pada serangga yang diikuti oleh kelumpuhan/paralisis. Dalam jangka panjang, orang yang terpapar zat ini akan menurun aktivitas enzim untuk  saraf transmisi dan berpengaruh buruk pada hati dan sistem reproduksi. Maka, perhatikan kadarnya jika obat nyamuk Anda terdapat zat ini. Di Indonesia, penggunaannya belum dilarang. Berdasarkan peringkat bahan kimia berbahaya yang dikeluarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Propoxur menduduki peringkat kedua sebagai produk berbahaya setelah dichlorvos.
       8. Obat Nyamuk Oles
Pemberian obat nyamuk oles, bertujuan agar nyamuk tidak mau menempel ke kulit, jadi hanya untuk mengusir sementara saja. Namun, daya tahannya bergantung dari masing-masing produk (mulai dari 4-8 jam).
Obat nyamuk oles tersedia dalam bentuk krim If you are planning on using XP on your computer after April 8, you should really check out our What to Do If You Want to Keep XP After Support Ends page on Geeksquad. dan losion. Kandungannya berupa DEET (diethyltoluamide), biasanya dicampur dengan senyawa tertentu yang mempunyai bau yang tidak disukai nyamuk. Losion anti nyamuk salah satu yang paling disukai, karena harganya terjangkau dan mudah ditemukan di tempat penjualan. Selain itu penggunaannya mudah dan praktis.
Kandungan pyrethroid dan diethytoluamide (DEET) pada losion anti nyamuk memang lebih aman ketimbang kandungan yang ada pada obat nyamuk semprot atau bakar, namun bukan berarti aman sama sekali. Obat nyamuk oles tetap bisa menimbulkan iritasi pada kulit. Terutama bagi kulit sensitif dan bila dikenakan pada lipatan kulit. Dan, karena obat nyamuk jenis ini berisiko menyerap bahan aktif berlebihan melalui kulit, produk ini tidak dianjurkan digunakan pada anak di bawah usia 4 tahun. Zat ini biasanya ada pada obat anti nyamuk berupa cairan atau lotion.
Cara kerja DEET adalah akan memanipulasi bau dan rasa yang berasal dari kulit dengan menghambat reseptor asam laktat pada antenna nyamuk sehingga mencegah nyamuk mendekati kulit. Selain itu, mekanisme aksinya dengan cara menghambat aktivitas system saraf pusat dan enzima cetylcholinesterase serangga maupun mamalia. Enzim ini terlibat dalam hidrolisis neuro transmitter asetilkolin, sehingga mempunyai peranan penting dalam mengendalikan neuron otot.
Oleh karena itu, DEET digunakan untuk memblokir acetylcholinesterase yang mengarah pada akumulasi yang berlebihan asetilkolin pada celah sinaptik yang menyebabkan kelumpuhan dan kematian neuromuskuler karena sesak nafas pada serangga maupun mamalia.
DEET ini sangat korosif, obat nyamuk lotion ini tidak dapat disimpan dalam wadah plastik PVC atau besi karena dalam hitungan minggu akan mengikis lapisannya. Bayangkan bila itu kena kulit kita terlalu lama?
Untuk anak usia 4 tahun ke atas, oleskan tipis-tipis saja. Tidak diperkenankan terlalu sering atau secara berulang-ulang dalam tenggang waktu cukup lama. Jika muncul keluhan, segera hentikan penggunaan. Lekas basuh kulit si kecil di bawah air mengalir. Hindari pemberian losion antinyamuk di daerah kulit sekitar mata, hidung dan mulut karena di masing-masing organ tubuh yang penting ini terdapat banyak kelenjar dan pembuluh darah halus. Segera mencuci tangan setelah mengoleskan losion tersebut.
9. Stiker Antinyamuk
Stiker antinyamuk bekerja dengan mengeluarkan aroma untuk mengusir nyamuk. Mengandung bahan dari bunga lavender dan minyak sereh (citronella oil). Cukup tempelkan plester pada pakaian atau objek lain yang dikehendaki, supaya nyamuk tidak mendekat (tidak perlu ditempelkan pada kulit). Untuk bayi dan anak-anak dapat ditempelkan pada baju, celana, selimut, dan sebagainya. Sedangkan untuk ruangan dapat ditempel pada meja, kursi, dinding, pintu, dan sebagainya. Kelebihannya tidak menetes dan tidak meninggalkan noda serta tidak berasap.
10. Gelang Antinyamuk
Berbentuk gelang yang dapat mencegah nyamuk atau serangga mendekat. Gelang anti nyamuk mengeluarkan aroma unik yang tidak disukai oleh nyamuk dan serangga lainnya – terbuat dari citronella oil (minyak sereh).
Bentuknya yang kecil dan ringan memudahkan untuk dibawa kemana saja, dapat digunakan kapan saja, serta aman (tidak mengandung bahan aktif kimia berbahaya). (tty)

            Berikut adalah cara yang tepat untuk menghindari anda dan keluarga dari pengaruh negatif penggunaan obat nyamuk :
1.  Ruangan dengan ventilasi yang cukup
Anda sering terbatuk-batuk karena penggunaan obat nyamuk, mungkin karena diantaranya anda menggunakan obat nyamuk pada ruangan yang sedikit ventilasi. Segera ubah kebiasaan anda untuk menggunakan obat nyamuk di ruangan tertutup apalagi di dalam ruangan tersebut terdapat anda dan keluarga. Dampak buruk yang akan terjadi adalah gangguan pernapasan seperti sesak napas. Letakan obat nyamuk dearah dengan aliran udara sehingga asapnya tidak mengganggu anda.
2.  Jarak tidak terlalu dekat
Penggunaan obat nyamuk memang dimaksudkan untuk mengusir nyamuk akan tetapi jika justru membahayakan kesehatan anda, itu tidak tepat. Letakan dengan jarak obat nyamuk dengan aktivitas anda 1,5 meter. Anda juga dapat menggunakan obat nyamuk pada sore hari sebelum aktivitas anda di malam hari dilakukan, sehingga bisa dikeluarkan dari ruangan anda.
3.  Letakan pada tempat yang tepat
Anda dapat meletakan obat nyamuk di bawah tempat tidur sehingga anda tidak terkena langsung dengan asap yang dihasilkan dari obat nyamuk, selain itu jangan meletakan obat nyamuk disamping badan anda, anda bisa meletakan di dekat telapak kaki sehingga mengurangi kemungkinan asap terhirup oleh anda. Simpan di tempat yang lebih rendah dari aktivitas anda (lantai).
4.  Hindari dari anak-anak dan Ibu Hamil
Anda dapat membuat jadwal yang tepat untuk membakar obat nyamuk ketika anak anda tidak berada di ruangan tersebut. Bagaimanapun anak-anak sangat rentan apalagi dengan asap dari obat nyamuk, dikhawatirkan akan membahayakan kesehatan pernapasannya. Begitu juga dengan penggunaan di dekat ibu hamil, bahayanya sama dengan mendekati diri anda pada mereka yang sedang merokok.

Berikut ini Obat Nyamuk Alami dari Daun Serai dan Kulit Jeruk


Membuat obat nyamuk alami dari daun serai. aroma serai tidak disukai oleh nyamuk. Kandungan daun serai adalah sitronela, sitral, geraniol, mirsena, farsenol metil heptenon, nerol, dan dipentena. Zat-zat tersebut bersifat repellent bagi serangga-serangga tertentu, seperti nyamuk, semut, dan lain-lain. Maka dari itu, dengan sedikit langkah cerdas, kita dapat mengubah daun serai menjadi obat nyamuk semprot yang ramah lingkungan dan tidak beracun bagi manusia. Membuat obat nyamuk alami tidaklah sulit. Ikuti langkah untuk membuat obat nyamuk alami dari daun serai berikut ini. Sangat sederhana. 
Hasil gambar untuk daun serai

CARA PEMBUATAN OBAT NYAMUK DAUN SERAI
1. Potonglah daun serai menjadi ukuran sangat kecil dan usahakan menjadi halus.
2. Jemur potongan serai sampai benar-benar kering. Kalau tidak ada panas matahari, bisa memakai oven.
3. Rendam 1 ons potongan serai kering tersebut dengan air sebanyak 25 mL selama 24 jam. (25 mL kira-kira 1/8 gelas beling).
4. Saring hasil rendaman dan ambil airnya, sisa serai (ampas) dibuang.
5. Wadahi dalam botol.
CARA PEMAKAIAN
1. Encerkan ekstrak serai di atas dengan perbandingan 1 : 3. Dalam hal ini, 25 mL ekstrak serai diencerkan dengan air sampai 100 mL.
2. Wadahi dalam botol penyemprot.
3. Semprotkan di ruangan yang dikehendaki, tutup ruangan selama 15 menit.
4. Ruangan sudah bebas nyamuk dan siap dipakai.
Belum pernah lihat serai? Ini dia gambarnya (pict2). Daun serai seperti rumput, namun bisa menyayat kulit.

Selanjutnya kita akan membahas cara membuat obat nyamuk dari kulit jeruk. Kulit jeruk memang ampuh dan terbukti ilmiah dapat mengusir nyamuk karena kandungan bahan kimia yang disebut limonen di dalamnya. Tak heran jika ada satu produsen lotion obat nyamuk yang menjadikan kulit jeruk sebagai
salah satubahan utamanya. Yang perlu disiapkan dalam pembuatan obat nyamuk dari kulit jeruk hanyalah kulit jeruk, tidak ada bahan lain. Penasaran? Inilah cara membuat obat nyamuk dari kulit jeruk.
Hasil gambar untuk kulit jeruk

CARA PEMBUATAN OBAT NYAMUK DARI KULIT JERUK
Cara 1.
1. Sayatlah kulit jeruk sehingga hasilnya memanjang.
2. Jemur di bawah sinar matahari sampai kering.
3. Bakarlah salah satu ujung kulit yang telah kering tersebut. Asap yang dihasilkan ampuh untuk mengusir nyamuk.


Bibliography

kris. (2014, september 5). Obat Nyamuk Kimia & Dampaknya. Dipetik februari 19, 2016, dari karbolsereh: http://karbolsereh.com/obat-nyamuk-kimia-dampaknya/
LinaBee. (t.thn.). Obat Nyamuk Alami dari Daun Serai dan Kulit Jeruk. Dipetik februari 19, 2016, dari CrowdVoice: https://id.crowdvoice.com/posts/obat-nyamuk-alami-dari-daun-serai-dan-kulit-jeruk-2v4d
penulis, T. (t.thn.). Waspada Bahaya Obat Nyamuk Bakar Bagi Kesehatan. Dipetik februari 19, 2016, dari BIDANKU: http://bidanku.com/waspada-bahaya-obat-nyamuk-bakar-bagi-kesehatan


1 komentar:

  1. Jangan terlalu sering mas,, bahaya juga buat kesehatan.

    http://www.maknyusbener.xyz/

    BalasHapus