Minggu, 14 Februari 2016

KENAPA RAUTAN DITIUP TUMPUL?

Inilah pertanyaan kuno dari zaman saya TK dan baru terjawab beberapa waktu yang lalu.

                    "Kenapa ya kalau rautan pensil ditiup kok jadi gak bisa atau tumpul?"

Rautan pensil pertama manual klasik ditemukan oleh Constant de Thierry des Estivaux seorang berkebangsaan Prancis. Rautan pertama ini berbentuk tabung dengan lubang kerucut yang menyempit serta dipasangi pisau pemotong. Nah, rautan pertama ini dipatenkan pada tanggal 1847 di Paris, Prancis.

Kemudian rautan pertama diperbaiki lagi oleh John Lee Love. Ia lahir pada tanggal 26 September 1889 di Massachusett. Ia menemukan rautan pensil modern dimana rautan pensil tersebut memiliki tuas pemutar yang lebih modern. Bisa dibilang rautan pensil kedua ini lebih praktis dan mudah digunakan karena hanya dengan memutarkan tuasnya saja. Penemuan ini dipatenkan pada tanggal 23 November 1897.

Kembali lagi ke pertanyaan awal kenapa rautan bisa tumpul saat ditiup, setelah bertahun-tahun menyimpan pertanyaan ini akhirnya beberapa waktu yang lalu saya membaca buku teman saya (Judulnya lupa). 
Hal ini disebabkan karena saat kita meniup maka kita akan mengeluarkan udara/ uap air, nah dari sini saya mengambil 2 kesimpulan;
    1. Saat kita meniup ada kemungkinan kita juga mengeluarkan air ludah (secara disengaja atau tidak sengaja) lalu air ludah tersebutlah yang membuat besi pada rautan tersebut menjadi berkarat.

    2. Pada saat kita meniup lalu mengeluarkan udara, udara tersebut mangalami proses perubahan dari wujud gas ke air sehingga membuat besi rautan tersebut berkarat.


Nah, jadi gitu gan teorinya. Kalo ada teman kalian yang kepo kan kita bisa ngasih tau gitu biar keliatan pinternya. 
Sumber : http://szumszum.blogspot.co.id/2014/01/kenapa-rautan-ditiup-tumpul.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar