Sabtu, 27 Februari 2016

Contoh Energi Kimia Dalam Kehidupan Sehari Hari


Ada banyak contoh energi kimia yang ada di bumi ini dan kita bisa melihatnya dalam kehidupan kita sehari hari. Namun, sebelum kita membahas mengenai apa saja contoh dari energi kimia, mari kita mulai dengan pengertian energi kimia. Energi kimia adalah salah satu dari banyak bentuk energi yang ada di alam semesta di sekitar kita. Energi kimia bisa dilepaskan dari diserap selama reaksi kimia. Agar reaksi kimia terjadi, suatu zat atau benda harus berubah menjadi zat baru dengan sifat yang berbeda (berubah). Perubahan zat yang terjadi adalah proses dari energi kimia dan kita bisa melihatnya dalam kehidupan sehari hari seperti es yang mencair, air yang membeku, dan kapur barus yang menyublim, dan embun yang berair.
Contoh Energi Kimia:
1.       cold pack atau kompres dingin

           kompres dingin 
           cold pack atau kompres dingin (sebuah alat yang terdiri dari dua tas; salah satunya terdapat air, di dalam tas berisi amonium nitrat, kalsium amonium nitrat atau urea) digunakan dalam olahraga adalah contoh dari energi kimia. Ketika isi kantong rusak yang dipenuhi dengan air bereaksi dengan butiran ammonium nitrat dan membuat ikatan kimia baru selama reaksi menyerap energi dari lingkungan. Sebagai hasil dari energi kimia yang disimpan dalam ikatan baru, suhu kompres dingin akan menurun.


2.      Tabung Gas Propana

 api gas propana

            Contoh lainnya dari energi kimia adalah tabung gas propana untuk memasak. Ketika gas propana dibakar untuk memasak di atas panggangan, energi kimia yang tersimpan dalam ikatan molekul propana yang rusak dan panas akan dilepaskan untuk memasak.
3.      Fotosintesis
Selama fotosintesis, energi dari sinar matahari diubah menjadi energi kimia yang disimpan dalam ikatan karbohidrat, sehingga tanaman dapat membuat pangan. Kemudian, tanaman dapat memanfaatkan energi yang tersimpan dalam ikatan molekul karbohidrat untuk pertumbuhan dan perbaikan.
4.      Respirasi Sel
    Selama respirasi sel, tubuh kita mengambil molekul glukosa dan memecah molekul yang memegang ikatan bersama-sama. Ketika ikatan ini rusak, energi kimia yang tersimpan dalam ikatan ini dilepaskan dan digunakan untuk membuat molekul ATP, suatu bentuk energi yang bisa digunakan bagi kita.
5.      Api Unggun
            Sekitar api unggun, kayu terbakar. Saat kayu terbakar, energi kimia yang tersimpan dalam ikatan molekul kayu akan melepaskan panas dan cahaya.
6.      Reaksi Kimia
           Dalam reaksi kimia di laboratorium, aluminium foil ditambahkan ke dalam larutan asam klorida. Tabung tes akan sangat hangat karena selama reaksi, banyak ikatan kimia patah melepaskan energi kimia yang menyebabkan suhu larutan meningkat.

Sumber:
Admin. (2014, september). contoh energi kimia dalam kehidupan sehari-hari. Dipetik februari sabtu, 2016, dari ilmu alam: http://ilmualam.net/contoh-energi-kimia-dalam-kehidupan-sehari-hari.html
Andri. (t.thn.). contoh energi kimia dalam kehidupan sehari-hari. Dipetik februari sabtu, 2016, dari benergi.com: http://benergi.com/contoh-energi-kimia-dalam-kehidupan-sehari-hari



Tidak ada komentar:

Posting Komentar