Kamis, 25 Februari 2016

Geber "sang ayah alchemist"

 Jabir Ibn Hayyan
 
Ketika kita mempelajari kimia, pernahkah berpikir kenapa ada pelajaran kimia yang mengasikan ini tapi sedikit membingungkan? Atau siapa yang membuat ada pelajaran kimia? Yang pasti bukan mentri pendidikan.

Pernah dengar alkena, alkuna, alkali dan lainnya yang berawalan "al" ketika belajar kimia? Itu adalah cetusan dari Geber. Geber adalah sebutan dunia Barat yang nama aslinya Abu Musa Jabir bin Hayyan, namun diperkirakan lahir di Kuffah, Irak pada tahun 750 dan wafat pada tahun 803 masehi (hidup pada masa dinasti Abbasiyah). Kontribusi terbesar Jabir adalah dalam bidang kimia. 
Keahliannya ini didapatnya dengan ia berguru pada Barmaki Vizier, pada masa pemerintahan Harun Ar-Rasyid di Baghdad. Ia mengembangkan teknik eksperimentasi sistematis di dalam penelitian kimia, sehingga setiap eksperimen dapat direproduksi kembali. Jabir menekankan bahwa kuantitas zat berhubungan dengan reaksi kimia yang terjadi, sehingga dapat dianggap Jabir telah merintis ditemukannya hukum perbandingan tetap dan ia berpendapat logam seperti timah, besi, dan tembaga dapat diubah menjadi emas atau perak.

Jabir telah berjaya menghasilkan lebih kurang 190 karya yang mengandungi dua senarai. Senarai pertama mengandungi sebanyak 112 buah, manakala senarai kedua pula sebanyak 70 karya yang merangkumi perbahasannya dari sudut falsafah, kimia, kedoktoran, dan alam semulajadi. Di antara karya beliau yang terkenal ialah Al-Malik Al-Rahmat, Al-Tajmi, Al-Asrar, kitab Al-Sab’in, kitab Al-mizan, kitab Al-Kimia. Kitab Al-Kimia dan Al-Sab’in telah diterjemahkan ke dalam bahasa latin.

Kontribusi lainnya antara lain dalam penyempurnaan proses kristalisasi, distilasi, kalsinasi sublimasi dan penguapan serta pengembangan instrumen untuk melakukan proses-proses tersebut.

Inilah fakta yang harus kita ketahui.


Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Abu_Musa_Jabir_bin_Hayyan
http://karebaunik.blogspot.co.id/2014/08/jabir-ibnu-hayyan-sang-bapak-kimia.html
http://nurulaysel.blogspot.co.id/2013_09_01_archive.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar