Minggu, 27 Maret 2016

BAHAN KIMIA BERBAHAYA DALAM PEMBALUT WANITA ???....\'0'/ !!!!




Pembalut memang barang yang tidak bisa lepas dari wanita, karena ini sangat dibutuhkan oleh mereka ketika mengalami menstruasi. Tapi sayangnya ada kabar yang tidak mengenakkan yang harus Anda dengar yaitu adanya kandungan bahan kimia berbahaya di dalam pembalut wanita. Hal ini menimbulkan kekhawatiran di seluruh dunia.
Faktor penting dari kasus ini adalah resiko wanita terpapar bahan kimia yang ada di pembalut. Seperti dilansir dari Livestrong ada beberapa bahan kimia yang terkandung didalam pembalut dan bahan tersebut memiliki efek berbahaya.
1. Dioxin
Bahan kimia ini biasanya digunakan sebagai bleaching atau pemutih dalam pembuatan kertas, tampon, panty liners, popok dan pembalut. Efek dari dioxin yang ada di pembalut atau panty liners memiliki sifat akumulatif sehingga tidak langsung tampak. Hal ini baru terlihat efeknya setelah memakai selama 20 tahun. Organisasi kesehatan dunia sendiri menyebut kalau dioxin merupakan bahan berbahaya karena mencemari lingkungan dan bersifat sebagai zat karsinogen.
2. Furan
Furan juga sebagai pemutih, dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Korea, ternyata hampir seluruh pembalut dan tampon di dunia mengandung Furan.
Dalam penelitian tersebut hasilnya bervariasi, ada yang banyak produk dioxin dan furan yang dipakai seperti octachlorinated dioxin, hexachlorodibenzofuran dan octa chlorodibenzorufan. Semuazat tersebut beracun dan dilarang penggunaannya.
3. BPA dan BPS
Bahan kimia yang terkandung di plastik dan dapat merusak organ intim ini dapat mengganggu perkembangan embrio dan dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri di daerah miss V.
Bukti lain yang menunjukkan adanya bahan kimia berbahaya yang ada di pembalut dibahas melalui media Huffingtonpost yang mana dituliskan bahwa produk yang aman akan habis terbakar dan tidak menimbulkan asap hitam ketika dibakar. Tapi untuk pembalut ternyata menimbulkan asap hitam ketika dibakar. Kemungkinan besar terdapat banyak bahan kimia berbahaya seperti serat sintesis, petrokimia dan dixoin
Lalu apa sih efeknya bagi Wanita?
Pembalut yang mengandung bahan kimia berbahaya ternyata bisa menggangu kesehatan.Karena bahan kimia tersebut an menumpuk dan ikut ke dalam jaringan lemak. Berdasarkan catatan Savvy yang dikutip dari Huffingtonpost ada beberapa resiko kesehatan yang akan ditimbulkan dari bahan kimia tersebut yaitu.
  • Pertumbuhan jaringan abnormal di organ perut dan reproduksi
  • Pertumbuhan sel anbormal di seluruh tubuh
  • Penurunan Sistem kekebalan tubuh
  • Gangguan Hormon di dalam tubuh
  • Kanker serviks
  • Endometriosis
  • Kanker ovarium
  • dll
Nah,sudah tahukan sekarang? untuk itu Anda harus benar-benar selektif dalam membeli pembalut, pilih yang aman yang tidak menggunakan pewangi, bebas klorin dan tidak memakai pemutih.

sumber :
http://polahidupsehat.web.id/benarkah-bahan-kimia-berbahaya-ada-di-pembalut-wanita/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar