Minggu, 20 Maret 2016

PENIPISAN LAPISAN OZON


Penyebab penipisan lapisan ozon adalah meningkatnya aktifitas manusia. Penipisan lapisan Ozon adalah jenis kerusakan ozon yang dihadapi atmosfer Bumi saat ini. Ozon adalah gas yang membentuk lapisan di  sekitar atmosfer Bumi dan terletak kira-kira 10-50 Km di atas permukaan Bumi. Ada pendapat lain juga yang mengatakan kalau Lapisan Ozon adalah lapisan di atmosfer pada ketinggian 19 – 48 km (12 - 30 mil) di atas permukaan Bumi yang mengandung molekul-molekul ozon. Konsentrasi lapisan ozon terdapat di bagian atas stratosfer. Lapisan ozon ini berfungsi untuk menyerap radiasi ultraviolet dari Matahari yang berbahaya bagi kehidupan di Bumi. Radiasi ultraviolet inilah yang dapat merusak kulit dan dapat menyebabkan kanker (cancer).


Warna biru menandakan kerusakan lapisan Ozon
Molekul lapisan ozon terdiri atas tiga atom oksigen, O3 yang mudah terurai menjadi O2 ditambah atom O yang sangat reaktif. Ozon pekat berwarna biru pucat, mencair pada suhu -111,9 derajat celcius dan membeku pada suhu -193 derat celcius. Lapisan ozon pada bagian bawah atmosfer Bumi justru merugikan karena bereaksi dengan hidrokarbon sisa yang keluar dari knalpot kendaraan dan membentuk asap kabut. Ozon ini terbentuk dari oksigen dengan melibatkan oksida nitrogen. Pembentukan asap kabut itu juga melibatkan cahaya matahari.
Lubang Ozon
Pada awal tahun 1980-an, para peneliti yang bekerja di Antartika mendeteksi hilangnya ozon secara periodik di atas benua tersebut. Keadaan yang dinamakan lubang ozon (suatu area ozon tipis pada lapisan ozon) ini, terbentuk saat musim semi di Antartika dan berlanjut selama beberapa bulan sebelum menebal kembali. Studi-studi yang dilakukan dengan balon pada ketinggian tinggi dan satelit-satelit cuaca menunjukkan bahwa persentase ozon secara keseluruhan di Antartika sebenarnya terus menurun. Penerbangan-penerbangan yang dilakukan untuk meneliti hal ini juga memberikan hasil yang sama.

·           Penyebab penipisan lapisan ozon yang paling umum adalah klorofluorokarbon (CFC), yaitu sejenis zat kimia yang banyak dipakai oleh manusia dalam kaleng aerosol, sebagai pendingin (refrigeran) pada lemari es, pelarut, dan gas dorong (Propelan). CFC sangat tidak reaktif, tidak larut dalam air, dan tetap dalam bentuk gas dan berada dalam atmosfer. CFC terus terkumpul dalam jumlah yang semakin besar dan melayang ke atas sampai ke stratosfer. Oleh sinar ultraviolet, CFC diuraikan dan menghasilkan atom klor, yang selanjutnya bereaksi dengan ozon dan melepaskan atom oksigennya yang labil. Satu atom klor dapat menyebabkan hancurnya ribuan molekul ozon, dan selanjutnya menjadi penyebab penipisan lapisan ozon.

·           Proses kerusakan lapisan ozon :
-        sinar  UVB memasuki ozon
-        Energy uv memecah atm klorin dari molekul cfc
-        Klorin ladikal memecah molekul ozon
-        Membentuk klorin monoksida dan dua atom oksigen
-        Oksigen terlepas ke atmosfir
-        Atom oksigen di atmosfir memecah molekul klorin monoksida
-        Menghasilkan oksegen dan klorin radikal bebas
-        Lalu reaksi siklus memulai lagi


·           Akibat Kerusakan Ozon
1.      Menipisnya lapisan ozon dalam atmosfer bagian atas diperkirakan menjadi penyebab meningkatnya penyakit kanker kulit dan katarak pada manusia, merusak tanaman pangan tertentu, mempengaruhi plankton yang akan berakibat pada rantai makanan di laut, dan meningkatnya karbondioksida (lihat pemanasan global) akibat berkurangnya tanaman dan plankton. Sebaliknya, terlalu banyak ozon di bagian bawah atmosfer membantu terjadinya kabut campur asap, yang berkaitan dengan iritasi saluran pernapasan dan penyakit pernapasan akut bagi mereka yang menderita masalah kardiopulmoner.
2.      pencairan Gunung ES
Hasil gambar untuk penipisan ozon
Lubang ozon di Antartika disebabkan oleh penipisan lapisan ozon antara ketinggian tertentu seluruh Antartika pada musim semi. Pembentukan ‘lubang’ tersebut terjadi setiap bulan September dan pulih ke keadaan normal pada lewat musin semi atau awal musim panas.

·           Cara mengurangi Kerusakan Lapisan Ozon
Beberapa langkan yang dapat dilakukan untuk menjaga lapisan ozon adalah dengan melakukan kegiatan ramah ozon atau ozone friendly dan sosialisasi untuk mengubah perilaku manusia secara bertahap. Upaya ini harus selalu menerapkan prinsip 4R, yaityu melakukan: reduce, reuse, recycle, replace/replant.
Langkah-langkah lain:
§  Kurangi pemakaian barang-barang yang memiliki bahan .
§  Di rumah dan perkantoran, minimalkan jumlah Air Conditioner yang digunakan.
§  Diperlukan desain arsitektur yang lebih baik sehingga udara segar dapat masuk dengan leluasa ke dalam    ruangan kantor atau kamar tidur sehingga keperluan AC bisa dikurangi.
§  Sesuaikan kapasitas kulkas dengan dengan kebutuhan sehingga lebih efektif.

Sekian artikel ini, kurang dan kurangnya saya minta maaf dan semoga bermanfaat  :).


Sumber Referensi:

Ø  Aripambudi, a. a. (2012, Agustus 12). Pengertian, Sebab, dan Akibat Penipisan Ozon. Dipetik Maret 18, 2016, dari Adjisetya Berbagi Info: http://adjisetyaberbagiinfo.blogspot.co.id/2012/08/pengertian-sebab-dan-akibat-penipisan.html
Ø  Penulis, T. (t.thn.). Lapisan Ozon. Dipetik Maret 19, 2016, dari WIKIPEDIA Ensiklopedia Bebas: https://id.wikipedia.org/wiki/Lapisan_ozon
Ø  Penulis, T. (t.thn.). Penyebab Penipisan Lapisan Ozon. Dipetik Maret 19, 2016, dari ZAKAPEDIA: http://www.zakapedia.com/2013/04/penyebab-penipisan-lapisan-ozon.html#



Tidak ada komentar:

Posting Komentar