Sabtu, 12 Maret 2016

Bahaya Merkuri

                Banyak sekali bahaya yang dapat ditimbulkan oleh merkuri, yaitu antara lain:
1.       Bahaya Merkuri Terhadap Ketidaksuburan Dan Kecacatan Bayi
               Bahaya ketidaksuburan dikalangan wanita juga dikaitkan dengan pencemaran dalam jurnal “Pediatrics” 1997, para ibu yang mengandung dan mempunyai kadar merkuri yang tinggi dalam tulangnya berkemungkinan tinggi melahirkan bayi yang kecil atau mempunyai berat badan yang ringan. Bayi yang kecil ini biasanya dikaitkan dengan kematian, taraf kesehatan yang rendah, pertumbuhan yang tidak sempurna dan memiliki IQ yang rendah. Dan merkuri dapat masuk ke tubuh bayi melalui air susu ibu.
               Terdapat banyak penelitian menunjukkan bahaya kontaminasi merkuri kepada kesehatan umum. Pada tahun 1950-an, pencemaran merkuri organik telah berlaku di Teluk Minamata, Jepang. Ikan-ikan yang tercemar ini telah dimakan oleh wanita-wanita mengandung. Kebanyakan bayi-bayi yang dilahirkan oleh wanita-wanita ini mengalami kerusakan saraf yang parah dan disebut penyakit Tragedi Minamata.
               Merkuri juga dilepaskan secara alami ke alam sekitar melalui kerak bumi dan lautan. Hampir semua ikan yang dikonsumsi manusia mengandung bahan tersebut. Badan Pengawasan Makanan Inggris (FSA) menyatakan bahwa ikan marlin dan hiu memiliki kadar raksa yang sangat tinggi dari pada ikan tuna segar.
               Oleh kerena itu, sangat dianjurkan bagi wanita mengandung, ibu yang menyusui, dan mereka yang berkeinginan mendapatkan anak seharusnya membatasi mengkonsumsi ikan tuna karena merkuri dalam ikan itu dapat mengakibatkan masalah kesehatan ibu dan bayi dalm kandungan.

2.      Bahaya Merkuri Terhadap Kesehatan
                 Jika merkuri banyak terkontaminasi dalam tubuh dapat berakibat fatal terhadap kesehatan tubuh manusia, dan menimbulkan berbagai penyakit seperti dapat menyebabkan napas memendek, rasa tegang dan panas di dada, serta peradangan paru jika terhirup secara langsung.
3.      Bahaya Pemakaian Merkuri Pada Kosmetik
Berikut ini adalah bahaya pemakaian mercury pada kosmetik :
1. Dapat memperlambat pertumbuhan janin
2. Mengakibatkan keguguran (Kematian janin dan Mandul)
3. Flek hitam pada kulit akan memucat (seakan pudar) dan bila pemakaian     dihentikan, flek itu dapat / akan timbul lagi & bertambah parah (melebar).
4. Efek REBOUND yaitu memberikan respon berlawanan (KULIT AKAN MENJADI GELAP/KUSAM SAAT PEMAKAIAN KOSMETIK DIHENTIKAN).
5. Bagi Wajah yang tadinya bersih lambat laun akan timbul flek yang sangat parah (lebar).
6. Dapat mengakibatkan kanker kulit.
Unsur merkuri yang ada di kosmetik akan diserap melalui kulit, kemudian akan dialirkan melalui darah keseluruh tubuh dan merkuri itu akan mengendap di dalam ginjal yang berakibat terjadinya GAGAL GINJAL. (BISA MENYEBABKAN KEMATIAN) Merkuri dalam krim pemutih (yang mungkin tidak tercantum pada labelnya) dapat menimbulkan keracunan bila digunakan untuk waktu lama.
Cara Mendeteksi Kosmetik Bermerkuri
       Produk kosmetik bermerkuri umumnya menjanjikan wajah putih lebih dalam tempo singkat. Seminggu saja menggunakan produk ini, wajah dijamin langsung cling. “kalau ada produk yang bisa membuat wajah menjadi putih dalam seminggu, konsumen harus waspada karena kemungkinan produk itu mengandung merkuri. Kosmetik yang aman bisa memutihkan kulit, namun membutuhkan waktu lama bahkan bisa berbulan-bulan ujar Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Barat, Rosnini Savitri,
       Dia menambahkan, konsumen seharusnya tidak tergiur hanya dengan iming-iming menjadi putih dalam waktu singkat saja. Kandungan merkuri bisa menyebabkan kerusakan pada kulit, susunan saraf, otak, ginjal, serta gangguan perkembangan janin. Jangan lupa, merkuri juga dapat menyebabkan kanker.
       Mungkin untuk mencegah dapat digunakan kosmetik-kosmetik tradisioanl untuk merawat kulit sebagaialternatif, jadi hati-hatilah dalam memilih kosmetik? Teliti dan selalu waspada terhadap bahaya merkuri pada kosmetik.
http://pipietmerkuri.blogspot.co.id/ diposkan oleh Pipiet Malaika di 21.06
diposkan oleh Yesika Al Istiqomah di 10.11


Tidak ada komentar:

Posting Komentar