Sabtu, 19 Maret 2016

Bahaya Obat Nyamuk


BAHAN-BAHAN OBAT NYAMUK YANG MEMBAHAYAKAN MANUSIa

Nyamuk merupakan bintang yang sangat menjengkelkan bagi manusia, karena dapat mengganggu kenyamanan tidur anda. Selain menjengkelkan, gigitan nyamuk juga dapat memberikan penyakit bagi manusia. Salah satu penyakit yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk adalah Demam Berdarah Dengue (DBD) dan malaria. Bahkan di Indonesia, DBD merupakan penyakit mematikan kedua tertinggi. Banyak orang yang nyawanya telah terenggut akibat penyakit tersebut.
Waspada dengan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh nyamuk, maka masyarakat harus melakukan pencegahan agar lingkungan dimana ia tinggal dapat terbebas dari serangan nyamuk. Cara membasmi nyamuk pun berbagai macam, ada yang dengan upaya alami dan menggunakan obat. Pembasmian secara alami yaitu dengan cara melakukan 3 M, 3 M adalah menguras bak mandi secara berkala, menutup tempat-tempat yang tergenang air dan yang terakhir mengubur barang-barang yang sudah tidak terpakai.
Selain dengan cara alami, pembasmian nyamuk juga dapat dilakukan dengan menggunakan obat seperti melakukan fogging dan menggunakan obat-obat nyamuk yang banyak dijual di pasaran. Tapi tahukah anda mengenai bahaya dari penggunaan obat nyamuk? Di dalam obat nyamuk baik itu yang bakar ataupun semprot mengandung zat-zat yang membahayakan bagi tubuh. Bahkan untuk asap yang dihasilkan oleh obat nyamuk bakar jauh lebih membahayakan dibandingkan 100 batang asap rokok, sungguh benar-benar membahayakan ya Hotters!. Apalagi jika asap tersebut sering dihisap dan masuk kedalam tubuh anda.
Berikut bahaya dari zat-zat yang terdapat dalam obat nyamuk :
1. S-2
Zat kimia S-2 merupakan salah satu zat yang ditemukan dalam obat nyamuk bakar, zat kimia tersebut dipercaya sebagai zat karsinogen. Zat tersebut memang sangat ampuh dalam membunuh nyamuk, namun ternyata zat tersebut juga membawa dampak buruk bagi kesehatan manusia. Asap yang dihirup secara terus menerus dapat menyebabkan penyakit kangker jika dihirup secra terus menerus. Besarnya dampak bahaya bagi tubuh akibat dari S-2, membuat negara India dan Afrika menegakkan peraturan batas penggunaan bahan kimia ini.
2. Zat Nikotin 100 Rokok
New Delhi telah meneliti dampak buruk dari obat nyamuk bakar yang dibakar selama 8 jam di tempat semi tertutup. Dampak itu sederajat dengan merokok sebanyak 100 rokok. Jika satu kali pembakaran efeknya sama dengan 100 batang rokok, bagaimana jika dua kali pembakaran dan seterusnya. Kita tahu bahwa satu batang rokok saja sangat berbahaya untuk kesehatan bagaimana jika sampai 100 rokok.
3. Polutan
Polutan yang dihasilkan oleh kumparan obat nyamuk bakar sangat berbahaya bari paru-paru. Polutan yang dihasilkan dari obat nyamuk bakar lebih berbahaya dibandingkan dengan zat polutan dari asap kendaraan bermotor.
4. Deet
Deet merupakan zat kimia yang biasa terdapat pada obat nyamuk semprot. Sama halnya dengan zat yang terkandung pada obat nyamuk bakar, zat Deet pada obat nyamuk semprot ini juga membahayakan bagi manusia. Berikut merupakan efek bahaya dari zat Deet bagi tubuh :
• Jika semprotan tidak sengaja mengenai kulit. Kulit akan teriritasi terutama kulit sensitif. Kulit menjadi merah dan gatal. Gejala ini merupakan gejala ringan. Akan hilang jika dibasuh menggunakan air hangat.
• Kulit seseorang yang telah lama terkena DEET akan mengalami hal lebih parah. Orang yang sering terpapar DEET dalam jangka waktu lama adalah militer dan sipir. Mereka akan merasakan kulit terasa terbakar dan menimbulkan luka permanen pada kulit.
• Menyebabkan insomnia dan mood buruk.
• Ketika obat nyamuk semprot yang mengandung DEET disemprotkan ke organ hidung, mulut dan mata. Rasa terbakar akan dirasakan. Menimbulkan luka bakar pada mata.
• Mengakibatkan iritasi perut, mual dan juga muntah.
• DEET banyak tertelan akan menimbulkan hipertensi, rendah jantung.
• Komplikasi serius ditandai dengan kerusakan syaraf.
• Akibat fatal terakhir adalah kematian

Sumber:
https://hargahot.com/blog/67.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar