Minggu, 13 Maret 2016

Mewarnai Rambut? Hukum, Bahaya kesehatan, & Zat Kimia..??


Hasil gambar untuk bahan kimia dalam cat rambut
            Rambut merupakan mahkota terutama bagi wanita. Keindahan rambut mutlak harus diperhatikan agar terlihat dan tampil cantik. Beberapa wanita rajin mewarnai rambutnya demi memperoleh keindahan dan kecantikan rambutnya. Namun apakah anda tahu apa saja bahaya dari penggunaan cat rambut atau bahaya mewarnai rambut ? dan bagaimana hukumnya dalam Islam?
Jenis Cat Rambut dan Komposisinya
Hasil gambar untuk bahan kimia dalam cat rambut
Umumnya, jenis cat rambut terdiri dari permanen, semipermanen, dan temporer. Bahan kimia utama yang digunakannya pun berbeda-beda.
Cat rambut permanen
Cara ini paling digemari oleh masyarakat karena dapat memberi efek warna rambut permanen (tahan lama) dengan memakai teknik pewarnaan oksidasi. Oksidator yang dipakai biasanya hidrogen peroksida dan amonia. Kombinasi antara hidrogen peroksida dan senyawa utama lainnya (1,4-diaminobenzena atau 4-aminofenol) dapat memudarkan warna asli rambut sehingga menjadi kanvas kosong yang bisa diwarnai apa saja. Sementara amonia berfungsi membuka pori-pori rambut sehingga warna bisa melekat dan mempercepat reaksi pewarnaan pada rambut.
Cat rambut semipermanen
Cat rambut jenis ini memiliki kandungan hidrogen peroksida atau amonia  dalam konsentrasi yang lebih sedikit ketimbang cat rambut permanen. Namun ada beberapa produk yang tidak memakai keduanya. Biasanya warna rambut hanya bertahan setelah Anda mencuci rambut sekitar empat hingga lima kali. Alasannya karena pewarna ini hanya menembus batang rambut dan tidak bisa memudarkan warna aslinya. Cat rambut ini dianggap lebih aman. Namun tetap berkemungkinan mengandung komposisi yang dapat memicu kanker, seperti para-fenilendiamina (PPD) atau coal-tar. Penelitian laboratorium menemukan beberapa produk cat rambut yang mengandung coal-tar dapat menyebabkan kanker pada hewan.
Cat rambut temporer
Jenis ini biasanya digunakan untuk acara-acara khusus yang mengharuskan rambut diwarnai seketika. Teknik pewarnaan ini hanya menutupi rambut, namun tidak terserap ke batang rambut. Cat ini biasanya dijual dalam kemasan sampo, spray, gel, atau foam. Warna cat ini bisa menghilang setelah satu kali keramas. Sama seperti cat semipermanen, cat temporer juga mengandung coal-tar.
Hasil gambar untuk bahan kimia dalam cat rambut
Berikut ini zat-zat kimia berbahaya yang perlu diwaspadai:
  1. Isopropil alkohol, adalah pelarut yang ditemukan dalam larutan pewarna rambut dan beberapa lotion. Menghirup zat kimia ini dapat mengakibatkan sakit kepala, pusing dan mual.
  2. Propylene glycol, Zat ini sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan sampo dan kondisioner rambut. Karena bisa menembus kulit dengan mudah, dapat mengambil protein kulit dan menyebabkan rambut mudah rontok.
  3. Polyethylene glycol, Zat ini banyak digunakan di sejumlah produk perawatan pribadi dan pembersih. Jika terlalu sering menggunakan produk yang memiliki kandungan zat ini, kulit Anda bisa mengalami penuaan dini.
  4. Natrium lauril sulfat (SLS) & sodium laureth sulfat (SLES), Kedua bahan kimia ini mungkin paling berbahaya dari semua bahan kimia yang ada dalam produk perawatan tubuh dan rambut. Sebagian besar digunakan dalam kondisioner. Bahan kimia ini bisa mengganggu kualitas rambut dan menghambat pertumbuhannya. Rambut bisa rontok dibuatnya.SLS juga dapat menyebabkan katarak ketika diserap dalam kulit bahkan tanpa kontak langsung dengan mata sekalipun.
  5. DEA (dietanolamina), MEA (momoethanolamine) TEA (trietanolamina), Bahan-bahan kimia ini juga sering digunakan dalam sampo dan dikatakan pula sebagai zat berbahaya yang bisa membentuk agen penyebab kanker.
  6. Warna pigmen FD & C, Sampo dan kondisioner banyak mengandung pewarna buatan dan sintetis, agar terlihat lebih menarik. Warna yang digunakan dalam pewarna rambut menyebabkan kulit menjadi sensitif dan menyebabkan masalah iritasi dan saraf. Beberapa zat pewarna mengandung tar batubara yang karsinogenik. Menyerap zat pewarna juga dapat menyebabkan penurunan kadar oksigen dalam tubuh.
  7. Formaldehida, Bahan kimia ini digunakan dalam sampo dan kondisioner rambut yang jika merembes ke kulit dapat menyebabkan alergi, sakit kepala dan kelelahan. Zat ini juga terkenal mampu melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Berikut ini bahaya dari mengecat rambut yang perlu kita semua ketahui:
  1. Alergi. Biasanya pada kulit kepala yang alergi dan sensitif dengan bahan-bahan kimia cat rambut akan terjadi iritasi pada kulit kepalanya. Sebaiknya ketika anda akan menggunakan cat rambut untuk mewarnai rambut cobalah tes dahulu dengan cara mengoleskan bahan pewarna rambut tersebut pada telinga atau dibalik belakang teling selam 24 jam. Ketika terjadi perubahan pada kulit seperti warna merah, kulit gatal-gatal maka sebaiknya anda urungkan niat untuk mewarnai rambut.
  2. Iritasi Mata dan Kulit Kepala. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, bahan kimia pewarna rambut dapat membuat iritasi pada kulit kepala dan juga pada mata. Iritasi ini meliputi rasa gatal, luka, seperti terasa terbakar di kulit kepala. Untuk mata akan terasa perih jika terkena mata.
  3. Hormon Terganggu. Kandungan Alkylphenol Etoksilat (APE) pada pewarna rambut yang juga bahan ini terdapat pada sperrmisida dan pestisida diindikasikan sebagai pemicu terganggunya hormon pada tubuh.
  4. Limfoma Non Hodgkin. Apa itu limfoma non hodgkin ? Adalah sejenis kanker pada sistem limfatik merupakan sebuah bagian system antibodi kekebalan tubuh. Ketika hal ini terjadi maka bisa memicu perkembangan dari limfoma non hodgkin yang tentunya berbahaya bagi kesehatan.
  5. Kanker Payudara. Kandungan bahan kimia pada cat warna rambut mengandung  zat karsinogenik yaitu suatu zat yang bisa mencetus kanker. Dari beberapa studi di Amerika menyatakan bahwa zat karsinogenik ini bisa sebabkan kanker payudara.
  6. Kelainan pada Janin. Bahan-bahan kimia yang terpapar pada kulit akan diteruskan masuk ke dalam sistem aliran darah yang tentunya berbahaya juga terutama pada ibu hamil karena akan ikut terserap oleh janin dalam kandungan ibu hamil.
Berikut ini Hukum mewarnai rambut dalam islam:
Hasil gambar untuk bahan kimia dalam cat rambut
Rasulullah SAW melarang untuk mewarnai rambut dengan warna hitam. Sedangkan bila warnanya bukan hitam maka tidak ada larangan. Sesuai dengan hadits Rasulullah SAW:
Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, ”Pada hari penaklukan Makkah, Abu Quhafah (ayah Abu Bakar) datang dalam keadaan kepala dan jenggotnya telah memutih (seperti kapas, artinya beliau telah beruban). Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ubahlah uban ini dengan sesuatu, tetapi hindarilah warna hitam.” (HR. Muslim no. 2102)
Sesungguhnya sebaik-baik alat yang kamu pergunakan untuk mengubah warna ubanmu adalah hinna‘ dan katam, akan tetapi menggunakan cat rambut yang modern dan praktis, asalkan terjamin keamanan untuk kesehatan dan juga kehalalannya maka diperbolehkan.
Hinna‘ adalah pewarna rambut berwarna merah sedangkan katam adalah pohon Yaman yang mengeluarkan zat pewarna hitam kemerah-merahan.
Mengapa dimakruhkan bahkan haram/ tidak diperbolehkan mengecat rambut dengan warna hitam? Salah satunya adalah karena hal ini dapat memperdaya orang lain, mengira usia masih muda dari yang sebenarnya.
Lalu bagaimana jika mewarnai rambut yang belum beruban? Hanya untuk mengikuti tren seperti artis barat atau korea?
Niat yang seperti ini bisa tergolong tasyabuh yakni meniru-niru gaya kaum selain muslimin: Dari Ibnu ‘Umar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka.” (HR. Ahmad 2: 50 dan Abu Daud no. 4031, hasan menurut Al Hafizh Abu Thohir)

Dari ‘Amr bin Syu’aib, dari ayahnya, dari kakeknya, Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bukan termasuk golongan kami siapa saja yang menyerupai selain kami” (HR. Tirmidzi no. 2695. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Pewarnaan rambut memang terlihat menggiurkan, tapi perhatikan kesehatannya cara penggunaannya ketika mengaplikasikan bahan-bahan kimia pada rambut dan kulit kepala. Ikuti semua petunjuk dan peringatan yang tertera pada kemasan. Untuk hukumnya sudah kita jelaskan dan semuanya kita kembalikan pada diri kita masing-masing. Jika Anda khawatir dengan risiko kesehatan yang ditimbulkan, lebih baik untuk menghindarinya.
untuk kurang-kurangnya kami mohon MAAF...

Sumber Referensi :

Penulis, T. (n.d.). bahan kimia dibalik cat rambut. Retrieved maret 11, 2016, from ALODOKTER: http://www.alodokter.com/bahan-kimia-di-balik-cat-rambut
Penulis, T. (2014, oktober). DR OZ Waspadai Bahaya Mewarnai Rambut Akibatkan Kanker, Gangguan Hormonal dan Iritasi. Retrieved maret 11, 2016, from DR OZ INDONESIA: http://drozindonesiatranstv.blogspot.co.id/2014/10/dr-oz-waspadai-bahaya-mewarnai-rambut.html
Penulis, T. (2015, mei 8). Hukum Mewarnai Rambut dalam Islam. Retrieved maret 11, 2016, from Ummi: http://www.ummi-online.com/hukum-mewarnai-rambut-dalam-islam.html
Penulis, T. (n.d.). Inilah 7 Zat Kimia Berbahaya di Produk Perawatan Rambut Anda. Retrieved maret 11, 2016, from kecantikan.web.id: http://www.kecantikan.web.id/perawatan-rambut/inilah-7-zat-kimia-berbahaya-di-produk-perawatan-rambut-anda.htm



1 komentar:

  1. Wasir atau biasa dikenal orang dengan sebutan ambeien adalah masalah kesehatan yang sudah umum saat ini. Wasir tersebut dapat terjadi karena adanya pembekakan yang terjadi pada pembuluh darah di dalam ataupun di luar bagian bawah anus. Selain pembengkakan juga terkadang ada yang meradang di sekitar anus tersebut. Obat BAB keluar darah Artikel Terkait Ambeien adalah penyakit yang disebabkan oleh
    Wasir atau biasa dikenal orang dengan sebutan ambeien adalah masalah kesehatan yang sudah umum saat ini. Wasir tersebut dapat terjadi karena adanya pembekakan yang terjadi pada pembuluh darah di dalam ataupun di luar bagian bawah anus. Selain pembengkakan juga terkadang ada yang meradang di sekitar anus tersebut. Obat BAB keluar darah Artikel Terkait Ambeien adalah penyakit
    Wasir atau biasa dikenal orang dengan sebutan ambeien adalah masalah kesehatan yang sudah umum saat ini. Wasir tersebut dapat terjadi karena adanya pembekakan yang terjadi pada pembuluh darah di dalam ataupun di luar bagian bawah anus. Selain pembengkakan juga terkadang ada yang meradang di sekitar anus tersebut. Obat BAB keluar darah Artikel Terkait Waasir adalah penyakit
    Wasir atau biasa dikenal orang dengan sebutan ambeien adalah masalah kesehatan yang sudah umum saat ini. Wasir tersebut dapat terjadi karena adanya pembekakan yang terjadi pada pembuluh darah di dalam ataupun di luar bagian bawah anus. Selain pembengkakan juga terkadang ada yang meradang di sekitar anus tersebut. Obat BAB keluar darah Artikel Terkait Akibat penyakit ambeien
    Wasir atau biasa dikenal orang dengan sebutan ambeien adalah masalah kesehatan yang sudah umum saat ini. Wasir tersebut dapat terjadi karena adanya pembekakan yang terjadi pada pembuluh darah di dalam ataupun di luar bagian bawah anus. Selain pembengkakan juga terkadang ada yang meradang di sekitar anus tersebut. Obat BAB keluar darah Artikel Terkait Mengobati penyakit ambeien

    BalasHapus