Minggu, 13 Maret 2016

MENGAPA BAWANG MERAH SAAT KITA KUPAS TERASA PERIH KE MATA?




Bawang merah (Allium cepa L. Kelompok Aggregatum) adalah sejenis tanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan Asia Tenggara dan dunia. Orang Jawa mengenalnya sebagai brambang. Bagian yang paling banyak dimanfaatkan adalah umbi, meskipun beberapa tradisi kuliner juga menggunakan daun serta tangkai bunganya sebagai bumbu penyedap masakan. Tanaman ini diduga berasal dari daerah Asia Tengah dan Asia Tenggara.

Sekilas tentang bawang merah ( Allium Cepa L. : Wikipedia ), bawang merah merupakan sejenis tanaman umbi lapis yang sekerabat dengan bawang bombay, kucai dan jenis bawang-bawangan lainnya. Bawang merah menurut para ahli botani berasal dari daerah asia tengah dan asia tenggara. Pengguanaanya memang terbilang luas dari mulai bumbu atau penyedap masakan sampai penggunaan bawang merah untuk bidang pengobatan. Disini kita akan membahas bawang dengan pemanfaatan sebagai penyedap masakan.
Kembali ke topik utama, bawang merah mengandung senyawa utama yaitu flavonoid dan fenol ( sumber : wikipedia.org ) yang merupakan senyawa aktif yang terkadung dalam bawang merah. Adapun, bawang merah juga mengandung senyawa yang termasuk kedalam golongan minyak atsiri dalam kandungan yang cukup besar. Zat ini dilepaskan oleh bawang merah saat bagian dalam umbi lapis tersebut terkelupas dan terpapar udara bebas. Dalam waktu yang sangat cepat minyak atsiri tersebut menguap ke udara dikarenakan titik penguapannya yang sangat rendah, inilah yang mengakibatkan mata kita perih saat mengupas bawang merah. Senyawa jenis ini juga terkadung dalam kulit jeruk dan daun dari beberapa jenis tumbuhan. Efek yang ditimbulkan sama seperti pada bawang merah yaitu mengiritasi selaput lendir terutama bagian mata dan rogga hidung.



Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan - Bagi kaum Ibu tentunya pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bawang merah, terutama bagi yang berhubungan dengan kuliner pastinya bawang merah tidak akan ketinggalan. Bawang merah memiliki banyak kelebihan selain sebagai rempah-rempah atau bumbu dapur pelezat makan akan tetapi bawang merah ini memiliki sejumlah khasiat yang bauk untuk kesehatan kita

Bawang merah sudah ada sejak zaman dahulu dan sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari selain untuk pelengkap makanan juga untuk kesehatan baik itu obat rumah ataupun obat tradisional, kali ini saya mau berbagi tentang Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan mudah-mudahan



bisa berguna juga bermanfaat bagi sobat semua.
Beriktu ini
Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan, silahkan disimak :

  • Bermanfaat sebagai pengganti amoniak

aroma yang dimiliki bawang merah sangatlah menusuk hidung, merangsang darah, fungsi pernapasan, dan fungsi saraf. Hal ini dapat membantu dalam pemberian pertolongan pertama pada seseorang yang pingsan atau tidak sadarkan diri.

  • Membunuh Kuman di Mulut :

Bawang merah sering digunakan untuk mencegah kerusakan gigi dan infeksi mulut. Mengunyah bawang mentah untuk 2 sampai 3 menit mungkin bisa membunuh semua kuman yang ada di daerah mulut.

  • Pengobatan untuk Penyakit Jantung :

Bawang membantu dalam penipisan darah, yang pada gilirannya mencegah sel-sel darah merah dari rumpun pembentukan. Blok ini dapat menyebabkan gangguan jantung atau penyakit kardiovaskular.

  • Pengobatan untuk jerawat :

Jus Bawang merah dicampur dengan madu atau minyak zaitun dikatakan pengobatan terbaik untuk jerawat.

  • Pengobatan untuk Batuk :

Mengkonsumsi jus bawang dan madu dapat menghidupkan kembali sakit tenggorokan dan gejala batuk.





  • Digunakan sebagai repellent Serangga :

Sobat dapat menerapkan jus bawang untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan karena lebah madu menggigit. Jus segar bawang merah atau pasta dapat digunakan untuk aplikasi eksternal untuk gigitan serangga dan sengatan kalajengking.

  • Meningkatkan daya Seks :

Bawang merah dikatakan dapat meningkatkan dorongan untuk kehidupan seksual yang sehat.

  • Pengobatan intik anemia :

Bahkan kondisi anemia dapat ditingkatkan dengan makan bawang bersama dengan Jaggery dan air.

  • Meredakan Sakit Perut :

Bawang memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang memberikan bantuan untuk sakit perut dan sindrom gastro terkait.

  • Mengobati Gangguan urin :

Bagi mereka yang menderita rasa terbakar saat buang air kecil, bawang merah dapat memberikan bantuan yang cukup besar. Pasien harus minum air direbus dengan 6 sampai 7 gram bawang.

  • Pencegahan Kanker :

Bawang kaya senyawa aktif yang berhasil menghambat perkembangan sel-sel kanker.

  • Mengurangi Earache :

Beberapa tetes jus bawang benar-benar dapat terbukti dan sangat bermanfaat bagi individu yang menderita dari akut sakit telinga . Suara dering di telinga dapat disembuhkan dengan menerapkan jus bawang melalui kapas.

  • Mengobati Hipertensi :

Bawang merah yang diteliti ternyata memiliki kandungan pigmen tanaman yang disebut flavonoid. Pigmen inilah yang ternyata membantu dalam mengurangi tekanan darah pada mereka yang menderita penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Bawang merah membantu dalam penipisan darah sehingga bagi penderita penyakit hipertensi sangat dianjurkan untuk mengonsumsi bawang merah, itulah mengapa bawang dapat berguna bagi mereka yang menderita hipertensif.

  • Bermanfaat untuk pengenceran darah dalam tubuh :

Bawang merah menurut sebuah penelitian oleh Departemen Industri Primer di InstitutVictoria IlmuHewan di Victoria,Australia, menyebutkan bahwa bawang merah sangat baik dalam hal pengenceran sel darah merah. Kesimpulan akhir dari penelitian tersebut menyebutkan bahwa bawang merah ataupn supplemen yang terbuat dari bawang merah mentah mempunyai manfaat yang sangat baik dalam hal sifat lipid-modulasi dan imunostimulan.

  • Bermanfaat bagi penderita penyakit diabetes melitus :

Salah satu zat yang terkandung dalam bawang merah adalah tolbutomid yang ternyata dapat membantu untuk mengontrol gula darah dalam hati, mengatur pelepasan insulin dan mencegah adanya gangguan yang mempengaruhi produksi insulin dalam tubuh.

           














kandungan - kandungan penting yang terdapat dalam umbi bawang merah :
Saponin
Zat yang terkadung dalam
bawang merah ini bisa membantu untuk mengencerkan dahak ketika Anda terkena penyakit batuk. Dahak harus diencerkan karena dahak yang padat akan mengganggu pernafasan dan juga membuat tenggorokan sakit ketika batuk. Zat bawang merah ini merupakan apotik hidup yang sangat mujarab sebagai obat batuk.
Flavonglikosida
Zat yang terkadung
bawang merah merah ini sangat ampuh untuk membunuh bakteri, sehingga orang sering mempergunakan zat yang terkadung dalam bawang merah untuk pengobatan luka dan infeksi agar tidak meradang. Zat dari bawang merah ini sangat ampuh sebagai obat luka.
Minyak Atsiri
Minyak atsiri terkandung dalam
bawang merah, manfaatnya adalah:
1. Minyak atsiri
bawang merah ini memiliki aroma yang khas, jika dihirup bisa menghilangkan pusing juga mengembalikan kesadaran ketika pingsan atau mabuk perjalanan baik darat, laut,
maupun udara. Minyak atsiri bawang merah ini sangat cocok untuk dibawah dalam perjalanan, karena minyak atsiri
bawang merah ini berfungsi sebagai obat pencegah mabuk darat, laut maupun udara.

2. Minyak atsiri bawang merah ini juga berguna untuk pemijatan saat mengeluarkan angin dari perut dan melancarkan peredaran darah. Ketika anda masuk angin atau terkena penyakit lain
akibat peredaran darah yang tidak lancar seperti haid yang tidak lancar pada wanita, pemijatan dengan minyak atsiri bawang merah ini bisa dilakukan.
3. Selain itu minyak atsiri bawang merah juga bermanfaat untuk menyembuhkan luka lecet pada puting ibu menyusui dan minyak atsiri bawang merah ini juga busa untuk mengobati wasir. Minyak atsiri bawang merah merupakan obat terbaik untuk mengobati penyakit wasir.
Sikloaliin
Zat sikloaliin bawang merah ini sangat ampuh untuk menurunkan suhu tubuh. Zat sikloaliin bawang merah ini memiliki kandungan yang sama dengan kandungan lainnya pada bawang merah, yaitu metialiin, kuersetin, kaemfreol, dan floroglusin. Kelima zat bawang merah tersebut adalah obat penurun panas atau suhu tubuh yang sangat ampuh. Sehingga zat sikloaliin bawang merah ini dapat digunakan untuk obat demam. Zat sikloaliin bawang merah adalah sejenis obat yang terkenal sebagai obat penuh panas yang luar biasa.
Floroglusin
Zat floroglusin pada umbi bawang merah selain dapat menurunkan suhu tubuh, zat floroglisin bawang merah ini juga bisa mencegah munculnya sel kanker dalam tubuh. Zat floroglusin pada umbi bawang merah merupakan salah satu obat pencegah kanker yang baik.
Dihidroaliin
Zat dihidroaliin bawang merah ini membantu melancarkan pengeluaran air seni bagi orang yang bermasalah dengan buang air kecil. Berdasarkan uji klinis, zat dihidroaliin pada bawang merah bisa mengatasi masalah penyakit kandungan air seni. Zat dihidroaliin bawang merah ini banyak digunakan oleh orang yang bermasalah dengan buang air kecil.
Peptida
Peptida pada bawang merah sangat berguna juga untuk mengurangi kadar gula dalam darah, sehingga dengan bawang merah anda juga bisa mengobati kencing manis atau diabetes. Peptida pada bawang merah oleh para ahli dibuat menjadi obat diabetis.
Vitamin dan Mineral
Sudah dipastikan bahwa semua bawang merah mengandung protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin B1 dan C yang berguna untuk metabolisme tubuh manusia. Jika metabolisme tubuh lancar maka badan Anda akan sehat. Jadi dengan banyak mengkomsumsi bawang merah, anda akan mendapat asupan vitamin & mineral yang cukup untuk tubuh kita.




   





   

Pada saat kita mengiris bawang, senyawa bersulfur yang terkandung dalam bawang akan bereaksi dengan suatu enzim sehingga menghasilkan asam sulfenat. Asam sulfenat bersifat tidak stabil, sehingga dengan cepat akan berubah menjadi senyawa lain yang lebih stabil, yaitu propanetiol S-oksida yang mudah menguap. Senyawa yang menguap ini kemudian berinteraksi dengan mata kita dan membentuk asam sulfur. Asam sulfur bersifat mengiritasi mata, sehingga mata kita akan terasa perih dan menjadi kemerahan. Sebagai perlindungan terhadap mata, maka mata akan memproduksi air mata untuk membantu mengeluarkan senyawa yang mengiritasi mata itu. Iritasi ini akan segera hilang setelah kontak dengan bawang dihentikan.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa zat yang bertanggungjawab yang menyebabkan mata kita pedih saat mengiris bawang merah tak lain adalah minyak atsiri. Minyak jenis ini sebetulnya banyak terdapat di alam bebas dalam bentuk cairan yang terjebak dalam rongga atau organ tumbuhan. Kandungan minyak atsiri dalam bawang merah memang cukup besar seperti pada kulit jeruk, dengan jumlah sebanyak itu tak heran kalau minyak atsiri pada bawang merah mampu membuat kita 'menangis' saat mengenai mata kita.


 
Sumber:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar