Sabtu, 12 Maret 2016

Larutan Buffer

         
 Suatu larut
Larutan penyangga atau larutan buffer atau larutan dapar merupakan suatu larutan yang dapat menahan perubahan pH yang besar ketika ion – ion hidrogen atau hidroksida ditambahkan, atau ketika larutan itu diencerkan.
(Underwood, A.L., 2002 ).
an bila ditambah asam akan turun pH-nya karena memperbesar konsentrasi H+. sebaliknya bila ditambah basa akan menaikkan pH karena meningkatkan konsentrasi OH. Seterusnya, suatu larutan asam/basa bila ditambah air akan mengubah pH karena konsentrasi asam/basanya mengecil.
            Ada larutan yang bila ditambahkan sedikit asam-basa atau air tidak mengubah pH secara berarti, larutan ini disebut larutan buffer.
Cara membuat larutan buffer ada 2, yaitu :
a.      Campuran asam lemah dengan garamnya (berasal dari asam lemah dan basa kuat). Contoh: HNO3 dan NaNO3 atau CH3COOH dengan CH3COOK.
b.      Campuran basa lemah dengan garamnya (berasal dari asam kuat dan basa lemah). Contoh: NH4OH dengan NH4Cl dan N2H5OH dengan NH4Cl.
(Syukri S, 1999)

            Larutan dapar dapat dibuat dari pereaksi berikut menggunakan air bebas karbondioksida P. jika pereaksi terbentuk hablur, kecuali asam borat digunakan lebih dahulu dikeringkan pada suhu 1100C – 1200C selama 1 jam.
            Larutan dapar disimpan dalam wadah tertutup rapat, dari kaca bebas alkali, tidak lebih lama dari 3 bulan. Jika terjadi kekeruhan/telah memperlihatkan tanda kemunduran tidak boleh digunakan. Harga pH dapat, memberikan reproduksibilitas  0,02 pada suhu 250C.
(Anonim, 1979)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar