Kamis, 10 Maret 2016

Kalsium Klorida



Sebagai salah satu bentuk garam, kalsium klorida (CaCl) merupakan garam berbentuk kristal yang mampu menyerap banyak cairan.
Terdapat banyak kegunaan kalsium klorida diantaranya untuk mencairkan es (salju) di jalan raya pada negara empat musim serta untuk mengawetkan makanan kaleng.
Sementara memiliki manfaat, konsumsi kalsium klorida dalam jumlah besar dapat memicu masalah gastronomis.
Terdapat beberapa metode produksi kalsium klorida untuk penggunaan komersial. Salah satunya adalah dengan mengekstraknya dari batu kapur.
Namun kebanyakan kalsium klorida dihasilkan sebagai produk sampingan dari jenis pengolahan lain.
Kemampuan senyawa ini untuk menyerap cairan menjadikannya sifat yang banyak dimanfaatkan.
Sebagai contoh, kalsium klorida bekerja jauh lebih efisien daripada garam batu ketika digunakan untuk menghilangkan es dan salju dari jalan raya.
Namun, diduga kalsium klorida mungkin berbahaya bagi tanaman saat digunakan secara berlebihan.
Banyak kolam menggunakan produk yang mengandung kalsium klorida, terutama di mana terdapat relatif sedikit kalsium yang terkandung dalam air.
Penggunaan produk ini membantu meningkatkan kandungan kalsium dalam air yang berguna meminimalkan potensi korosi pada pompa, pipa, atau kelengkapan lain yang terbuat dari logam.
Kalsium klorida juga digunakan dalam sejumlah aplikasi lain. Misalnya, menaburkan senyawa ini pada jalan yang kering akan meminimalkan konsentrasi debu yang beterbangan.
Produk ini dapat digunakan pula untuk rumput laut kering sehingga membantu dalam produksi soda abu.
Kalsium klorida juga digunakan sebagai bahan dalam berbagai jenis produk plastik. Efek pengawet kalsium klorida membuatnya berguna pula membuat makanan lebih tahan lama.
Sejumlah kecil senyawa ini lazim digunakan sebagai elektrolit dalam berbagai jenis minuman olahraga untuk memberikan rasa asin sebagai pengimbang rasa manis.

Sumber :
Penulis, T. (2016). Apa Itu Kalsium Klorida? Dan Apa Karakteristik dan Kegunaannya? Dipetik Maret 6, 2016, dari Amazon.com: http://www.amazine.co/25709/apa-itu-kalsium-klorida-karakteristik-kegunaannya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar