Minggu, 27 Maret 2016

MANFAAT MANGGIS



MANFAAT MANGGIS
Manggis adalah buah yang manis yang mana banyak orang yang menyukainya, walaupun dengan kulit yang terasa sangat pahit, tetapi orang-orang hanya memakan buahnya saja.
Tanpa kita sadari ternyata selain buahnya yang manis kulit manggis yang pahit ini bisa dijadikan sebagai obat, tidak dapat kita sangka, yang biasanya kulit manggis ini kita buang, akan tetapi sekarang kita bisa mengkonsumsinya karena banyaknya manfaat pada kulit manggis ini.
Salah satu khasiatnya adalah dapat menyembuhkan kanker. Manfaat kulit manggis yang dipercaya dapat mengobati penyakit kanker bersumber pada kandungan bahan kimia alami yang disebut dengan nama xanthone.  Senyawa xanthone yang terkandung dalam kulit manggis mempunyai fungsi utama sebagai zat antiproliferasi, yaitu zat yang berguna dalam menghambat pertumbuhan sel kanker. Awal mula terjadinya pertumbuhan sel kanker disebabkan oleh radikal bebas dari makanan yang tidak sehat atau faktor dari luar misalnya polusi dan kulit yang terpapar sinar matahari.
Disini, manfaat kulit manggis pun dipercaya sebagai apoptosis, yaitu untuk menghancurkan sel kanker yang tumbuh di dalam tubuh kita. Selain berfungsi sebagai antiproliferasi dan apoptosis, manfaat kulit manggis lainnya adalah sebagai antiinflamasi dan sebagai antioksidan. Alfamangostin dan gammmangostin merupakan senyawa xanthone pada kulit manggis yang memiliki efek antioksidan.
Sifat sebagai antioksidan dari kulit manggis membuatnya dapat menjadi penangkal radikal bebas. Radikal bebas ini dapat merusak sel tubuh. Dan hasilnya, kerusakan pada sel tubuh pun dapat dihindari. Dan inilah salah satu kehebatan dan manfaat kulit manggis.
Selain dapat menyembuhkan kanker, dapat juga untuk mencegah kanker.
Pada mekanisme seperti ini, penghancuran sel kanker pun yang disebut dengan ‘mekanisme bunuh diri’ yaitu dengan cara mengaktifkan sistem kekebalan tubuh untuk merangsang terbentuknya sel pembunuh alami agar dapat menghancurkan virus dan sel kanker. Manfaat kulit manggis yang dikonsumsi untuk mencegah dan mengobati kanker ini pun semakin efektif dengan adanya senyawa yang terkandung dalam kulit manggis, yaitu garsinon-E, alfamangostin, dan juga gammamangostin. Ketiga zat kimia alam tersebut pun membantu tubuh kita untuk segera mengaktivasi enzim tertentu untuk memicu mekanisme apoptosis.
Yang paling berperan untuk menumpas sel kanker adalah alfamangostin dan garsinon-E. Kedua senyawa tersebut membantu untuk menghambat proliferasi sel kanker dengan mangaktivasi enzim kaspase 3 dan 9, yang memicu apoptosis (program bunuh diri sel kanker). Senyawa tersebut memaksa sel kanker untuk memuntahkan cairan di dalam mitokondria sehingga mengakibatkan sel kanker mati.
Alfamangostin juga menunjukkan efek sitotoksik yakni efek yang menghambat perbanyakan sel kanker. Di samping itu alfamangostin juga dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang sel pembunuh alami yang bertugas untuk membunuh sel kanker serta virus. Itulah sebabnya, manfaat kulit manggis bisa didapat untuk mengobati penyakit ini.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh  banyak peneliti dari berbagai negara telah membuktikan bahwa senyawa-senyawa xanthone yang terdapat pada kulit manggis dapat mengobati berbagai jenis kanker seperti kanker payudara, kanker paru, kanker rahim, kanker pankreas, kanker ginjal, kanker hati, kanker kulit dan jenis kanker lainnya. Hebatnya, manfaat kulit manggis sebagai obat kanker tidak akan membahayakan sel-sel lainnya yang sehat.
Dengan semakin banyaknya penelitian yang dilakukan untuk mengetahui manfaat kulit manggis tentu ini merupakan hal positif karena dengan pengolahan yang tepat maka kulit manggis pun dapat dijadikan salah satu produk obat untuk mengatasi penyakit kanker, misalnya adalah minuman kulit manggis yang dikenal dengan nama Garsina Ekstrak Kulit Manggis
Dan dengan mengetahui manfaat kulit manggis untuk mengobati kanker, sudah semestinya dilakukan penelitian lebih mendalam agar masyarakat lebih tahu tentang manfaat kulit manggis untuk mengobati penyakit lainnya. Karena merupakan obat herbal untuk mengobati kanker, harga jus kulit manggis Garsina Ekstrak Kulit Manggis pun jauh lebih terjangkau oleh masyarakat dibandingkan harus mengkonsumi obat-obatan kimia yang diresepkan dokter. Jadi, kita pun dapat mencegah dan mengobati penyakit kanker dengan mengetahui manfaat kulit manggis.
Manfaat lain dari kulit manggis adalah:
1.      Untuk mengobati virus HIV dan AIDS
2.      Membantu meredakan penyakit diare
3.      Mencegah terjadinya peradangan usus
4.      Mencegah terjadinya penyakit jantung
5.      Mengurangi kadar kolesterol
6.      Membantu merendahkan tekanan darah tinggi
7.      Mencegah proses penuaan sejak dini
8.      Mengatasi demam
9.      Mencegah terjadinya batu ginjal
10.  Menguatkan system daya tahan tubuh
11.  Dan lainn sebagainya




Tidak ada komentar:

Posting Komentar